Kabar JakartaNews With Data

Begini Kondisi Korban Gempa di Tenda Pengungsian

Laporan Bachtiar dari Palu Selatan

  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 01.10.2018 - 12:21
  • Sekitar : Terbit 1/10/18
Begini Kondisi Korban Gempa di Tenda Pengungsian
Kondisi tenda darurat korban bencana tsunami dan gempa di Yayasan Kristen tepatnya di Jalan Maleo Kelurahan Lasoani Kacamatan Mantikulore, Palu Selatan, Sulawesi Tengah, Minggu, 30/9. [Foto: Bachtiar]

KabarJakarta.com -- Pasca bencana tsunami dan gempa, sebanyak 159 warga Palu Selatan, Sulawesi Tengah terpaksa mengungsi di kantor Yayasan Kemanusiaan Kristen Wahana Visi Indonesia (WVI) di Jalan Maleo Kelurahan Lasoani Kacamatan Mantikulore, Palu Selatan, Sulawesi Tengah.

Dari total pengungsi itu, tercatat sebagian besar anak-anak dan perempuan, selebihnya laki-laki dewasa.

Para pengungsi itu berada dalam tenda-tenda darurat di sekitar kantor yayasan kemanusiaan ini.

"Yayasan kami ini memang fokus pada program kemanusiaan kemasyarakatan kristen khususnya anak-anak," ucap General Manager Wahana Visi Indonesia Sulawesi-Maluku Utara Radika Pinto kepada kontributor Kabar Grup di lokasi pengungsian, Senin, 1 Oktober 2018.

Radika menjelaskan yayasan ini akan membantu pemerintah dalam situasi darurat akibat bencana di Sulteng. 

"Kami akan masuk dalam penanggulangan bencana tanggap darurat. Kami akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan meminta perlindungan aparat keamanan menyalurkan bantuan bagi yang membutuhkan," kata dia.

Selain itu, lanjutnya pihaknya akan fokus pada pemberian bantuan bagi traumatik anak-anak yang menjadi korban bencana di Sulawesi Tengah.

Dia menjelaskan permasalahan tanggap darurat lainnya seperti kekurangan air bersih, terpal dan selimut juga akan di koordinasikan dengan pemerintah termasuk Basarnas, PMI dan BNPB setempat.

"Kami tidak ingin memperkeruh suasana terkait belum meratanya distribusi bantuan. Kami tidak ingin ada kekacauan dalam penyaluran bantuan. Pagi ini kami akan berkoordinasi dengan BNPB," ujarnya. (*)