Kabar JakartaNews With Data

Bangunan Rubuh, Ratusan Tahanan Lapas Palu Kabur

Laporan Saleh Sibali dari Sulawesi Tengah

  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 04.10.2018 - 18:35
  • Sekitar : Terbit 4/10/18
Bangunan Rubuh, Ratusan Tahanan Lapas Palu Kabur
Reporter KabarMakassar.com saat berada di lokasi rubuhnya bangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis, 4/10. [Foto: Saleh Sibali / KabarMakassar.Com]

KabarJakarta.com -- Sebanyak 600 lebih tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Palu, Sulawesi Tengah berkeliaran bebas pasca ambruknya bangunan Lapas itu akibat guncangan gempa di kota itu.

Hal ini seperti dilaporkan Kepala Pendataan Lapas Kota Palu, Maruf saat ditemui reporter KabarMakassar.com di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Kamis, 4 Oktober 2018.

Maruf menyebutkan dari 647 narapidana yang ditahan di Lapas Palu, hanya 20 orang di antaranya yang punya kesadaran wajib lapor. "Tidak ada korban luka dan meninggal di Lapas Palu. Karena tembok blok tahanan rubuh keluar," kata Maruf kepada reporter KabarMakassar.com.

Dia menyebutkan dari total tahanan Lapas Palu itu sekitar 80 orang napi perempuan, 560 napi dewasa laki-laki dan 27 orang tahanan anak dibawah umur.

"Tak ada aktifitas Lapas Palu saat ini. Sipir dan pegawai hanya berjaga-jaga dan kembali ke rumah mereka masing-masing," ucapnya.

Dia menjelaskan dari total 14 blok bangunan Lapas Palu, seluruhnya ambruk ketika gempa berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang Kota Palu dan sekitarnya pada Jumat, 28 September 2018 lalu. (*)