Kabar JakartaNews With Data

Napi Lapas Palu Dibekuk di Takalar

Laporan Saleh Sibali

  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 19.10.2018 - 16:11
  • Sekitar : 3 pekan, 6 hari lalu
Napi Lapas Palu Dibekuk di Takalar
Salah satu narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) asal Kota Palu berhasil dibekuk orang tuanya di Dusun Parapa, Desa Pakabba, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat, 19/10/2018. [Foto: Saleh Sibali / KabarMakassar.com]

KabarMakassar.com, Takalar -- Salah satu narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) asal Kota Palu berhasil di bekuk orang tuanya di Dusun Parapa, Desa Pakabba, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat, 19 Oktober 2018.

Pelarian Napi Lapas kasus narkoba ini akhirnya berakhir selama tiga pekan pasca bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu, Sigi dan Donggala. 

Sebelumnya ratusan napi kabur selamatkan diri setelah merubuhkan tembok Lapas Palu. Tim gabungan unit reserse kriminal Polres Takalar Sulawesi Selatan dan Polres Donggala Sulawesi Tengah telah berhasil menciduk satu napi yang sempat kabur ke Makassar dan masuk ke wilayah hukum Takalar.

Napi atas nama Nur Irsan alias Icang ini berumur 24 tahun. Domisili di alamat Dusun Parapa Desa Pakabba, Kecamatan Galesong Utara Takalar terkait kasus narkoba dan divonis 5 tahun penjara. 

Napi berhasil diciduk polisi saat hendak kabur ke kabupaten lain. Polisi bergerak cepat untuk menangkap salah satu Napi yang kabur usai gempa bumi setelah mendapat informasi masyarakat. 

Wajah napi sudah di cocokkan sketsa foto tersebut. Aksi penangkapan diwarnai isak tangis kerabat Napi saat dirinya diborgol dan digelandang keluar dari rumah menuju ke mobil polisi. 

Namun apa daya kerabat napi hanya bisa pasrah lantaran anak atau salah satu Napi kabur saat gempa bumi dan harus menjalani kembali sisa masa tahanan di Lapas Palu

Penangkapan tersebut di pimpin langsung Kanit provost Polsek Galesong Utara Bripka Rahmat Saleh. 

Setelah berkoordinasi dengan jajaran Polres Donggala. Kanit Provost Polsek Galesong Utara, Bripka Rahmat Saleh menjelaskan saat ini napi yang kabur telah diamankan di Polsek Galesong Utara dan akan menunggu jemputan Polres Donggala.

"Napi ini sudah tiga minggu bersembunyi dirumah orangtuanya. Dan harus kami bekuk lantaran tak ingin menyerahkan diri," ucapnya.

Kini pelaku tahanan Lapas Palu digelandang ke Mako Polsek Galesong Utara dan di jebloskan ke jeruji besi sambil menunggu jemputan Polres Donggala.