News  

Perbaikan Pelayanan, PAM Jaya Kolaborasi dengan UI

Kabarjakarta.com

KabarJakarta.com — Sebagai upaya perbaikan pelayanan,PAM JAYA berkolaborasi dengan Unit Kerja Khusus Center for Strategic and Global Studies Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia.

Kolaborasi tersebut tertuang pada Kesepahaman Bersama tentang Rencana Pelaksanaan Kajian, Penelitian, dan Pengukuran Ketahanan Pelayanan Air Minum di PAM JAYA yang ditandatangani langsung oleh Direktur Utama PAM JAYA, Arief Nasrudin dan Kepala UKK CSGS SKSG Universitas Indonesia, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si di Kantor Pusat PAM JAYA, Kamis, (20/07).

Melalui kolaborasi tersebut, akan dilakukan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan kajian, penelitian, utamanya pengukuran tentang ketahanan pelayanan air minum di PAM JAYA.

Direktur Utama PAM JAYA, Arief Nasrudin mengatakan, kolaborasi ini akan membantu PAM JAYA mendapatkan kajian yang komprehensif dalam melakukan upaya-upaya perbaikan pelayanan.

“Sinergi dengan UKK CSGS SKSG Universitas Indonesia ini akan dilakukan melalui kegiatan Focus Group Discussion, baik secara daring maupun luring, dan penelitian,” ucap Arief.

Kolaborasi ini merupakan langkah PAM JAYA yang secara terus menerus melakukan perbaikan dalam berbagai aspek pelayanan.

“Salah satu yang akan kami kaji adalah indeks gangguan pelayanan, di mana hasilnya akan kami gunakan untuk perbaikan pelayanan yang tepat sasaran,” imbuh Arief.

PAM JAYA, lanjut Arief, berkomitmen untuk terus menjadi lebih baik melalui sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan.

Kepala UKK CSGS SKSG Universitas Indonesia, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si. mengatakan, akan ada rekomendasi yang diberikan oleh pihaknya kepada PAM JAYA, pertama rekomendasi administrasi, rekomendasi teknis, posisi kuadran pelayanan, dan alat ukur kebijakan.

Ia menuturkan, melalui penandatanganan kesepahaman bersama tersebut, pihaknya akan mendampingi PAM JAYA dalam mengoptimalkan pelayanan air bersih di Jakarta.

“Kami mendukung mimpi besar PAM JAYA untuk mewujudkan kedaulatan air di Jakarta melalui rencana peningkatan 100 persen cakupan pelayanan pada 2030. Mimpi PAM JAYA soal kedaulatan air adalah mimpi kita semua, termasuk orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan, sebagai bagian dari warga Jakarta,” tutup Shobichatul.
 
Ketua PRKN SKSG UI, Dr. Arthur Josias Simon Runturambi, M.Si mengatakan, proses penelitian ini dilaksanakan oleh tim Pusat Riset Ketahanan Nasional (PRKN), yang merupakan salah satu Unit Usaha dari UKK CSGS SKSG Universitas Indonesia.

“Metode penelitian yang akan digunakan mencakup verifikasi, konfirmasi, dan validasi sehingga menghasilkan gambaran instrumen dalam membentuk model jaring laba-laba kesiapan sistem pelayanan PAM dan model gangguan pelayanan PAM,“ pungkasnya.