Hasil UEFA Perancis vs Kroasia 4-2

Hasil UEFA Perancis vs Kroasia 4-2
Prancis mengalahkan Kroasia 4-2 di UEFA Nations League

Kabar Jakarta.com--Prancis memenangi drama enam gol kontra Kroasia. Sempat tertinggal duluan, Les Bleus menang dengan skor 4-2.Dalam lanjutan UEFA Nations League Liga 1 Grup C di Saint-Denis, Rabu (9/9).

Prancis dan Kroasia kembali bertemu setelah terakhir di final Piala Dunia 2018. Prancis yang tampil tanpa Kylian Mbappe masih terlalu tangguh untuk Kroasia.

Meski tertinggal duluan lewat gol Dejan Lovren, Prancis berbalik unggul 2-1 di akhir babak pertama lewat Antoine Griezmann dan bunuh diri Dominik Lovakovic. Kroasia menyamakan skor lagi di awal babak kedua lewat Josip Brekalo.

Tapi, Prancis bisa menambah dua gol lagi lewat Dayot Upamecano dan penalti Olivier Giroud. Tambahan tiga poin membuat Prancis duduk di posisi kedua dengan enam poin, di bawah Portugal yang unggul selisih gol. Kroasia di posisi bawah dengan nir poin.

Jalannya pertandingan

Kroasia tampil mengejutkan ketika mereka unggul duluan pada menit ke-16. Berawal dari sepak pojok Marcelo Brozovic, bola mengarah ke Dejan Lovren yang menerima dengan kaki kanan lalu mengecoh bek Prancis sebelum menyepak bola ke gawang dengan kaki kirinya.

Gol itu membuat Prancis makin bernafsu menyerang pertahanan Kroasia. Tim tamu malah punya kans lewat Brozovic pada menit ke-27 tapi tembakannya bisa diamankan Hugo Lloris.

Di menit ke-33 Antoine Griezmann memilih menggiring bola sendiri lalu menuntaskan dengan tembakan keras, meski Anthony Martial dalam posisi bebas. Tapi, bola bisa ditepis Dominik Livakovic.

Prancis akhirnya bisa menyamakan skor dua menit sebelum jeda. Martial menyerang dari sisi kiri dan menyodorkan bola kepada Benjamin Mendy. Mendy dengan cepat mengoper kepada Wissam Ben Yedder yang membalikkan kepada Martial.

Martial kemudian menyodorkan kepada Griezmann yang mudah saja menyonteknya ke gawang Kroasia. Prancis lantas berbalik unggul 2-1 ketika Martial menyontek bola di menit ke-45 yang sebenarnya menghantam tiang, tapi malah masuk ke gawang usai membentur badan Livakovic.

Pada babak kedua, Kroasia berupaya mengejar ketertinggalan. Hasilnya di menit ke-55, Josip Brekalo yang menggiring bola melewati Mendy dengan mudah, sebelum memasuki kotak penalti dan menuntaskan dengan sontekan ke pojok gawang Lloris.

Laga makin memanas karena kedua tim sama-sama bernafsu menambah gol setelah skor imbang 2-2. Prancis mendapat keunggulannya di menit ke-65 saat Dayot Upamecano menanduk bola hasil korner Griezmann.

Di menit ke-71, Griezmann menembak bola kencang ke gawang yang membuat Livakovic susah payah menepisnya. Tiga menit kemudian Martial yang tinggal berhadapan dengan kiper malah gagal karena bola sepakannya ditepis.

Prancis mendapat hadiah penalti di menit ke-76 menyusul handball Brozovic saat menghalau bola crossing. Pemain Kroasia memprotes keras keputusan wasit yang membuahkan dua kartu kuning dan penalti dengan sukses dieksekusi Giroud untuk mengubah skor jadi 4-2.

Kroasia nyaris mendapat gol ketiga di menit ke-89 andaika bola sundulan Domagoj Vida tak menerpa tiang. Hingga laga berakhir, tak ada gol tambahan tercipta.

Susunan pemain

Prancis: Hugo Lloris; Dayot Upamecano, Clement Lenglet, Lucas Hernandez; Moussa Sissoko, N'Golo Kante (Eduardo Camavinga 63'), Steven Nzonzi, Ferland Mendy; Antoine Griezmann (Nabil Fekir 78'), Wissam Ben Yedder (Olivier Giroud 63'), Anthony Martial.

Kroasia: Dominik Livakovic; Filip Uremovic (Domagoj Vida 57'), Duje Caleta-Car, Dejan Lovren, Dario Melnjak; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Nikola Vlasic; Ante Rebic (Josep Brekalo 45'), Andrej Kramaric, Ivan Perisic (Mario Pasalic 66').

Penulis : Ronald Andreas

Editor : Redaksi

AJI