Jarang Orang Tahu, Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Jarang Orang Tahu, Berikut Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
Daun Kelor. Int

KabarJakarta.com--Daun kelor atau moringa oleifera merupakan tanaman yang selama ribuan tahun diyakini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif.

Meskipun kecil, nyatanya daun kelor memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan inilah yang dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit kronis yang dapat membahayakan. Pasalnya, kandungan antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang tinggi.

Sebagaimana mantrasukabumi.com rangkuman dari berbagai sumber, berikut macam-macam manfaat dari daun kelor untuk kesehatan tubuh diantaranya

1. Mencegah anemia
Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya dapat membantu mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

2. Baik untuk jantung
Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

3. Baik untuk daya ingat
Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

4.   Membantu mengatasi kanker
Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

5. Melindungi tubuh dari keracunan arsen
Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut dapat melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

6. Menurunkan kolesterol
Manfaat daun kelor untuk kesehatan selanjutnya adalah bantu tubuh menurunkan kolesterol. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

7. Membantu meredakan peradangan
Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat anti peradangan untuk membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

8. Membantu menurunkan kadar gula darah
Daun ini disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor yang satu ini.

9. Kaya akan antioksidan
Antioksidan dapat membantu tubuh mencegah penyakit kronis berbahaya. Sebab, kandungan ini dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, bebas yang terlalu tinggi, dapat hingga penyakit jantung.

10. Dipercaya baik untuk wanita menopause
Khasiat daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk dipercaya dapat membantu Pada usia menopause, kadar antioksidan di meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause. tubuh memang akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor tersebut.**

Penulis : Redaksi

Editor : Ronald Andreas