Manfaat Temu Putih, Cegah Kanker Hingga Jaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat Temu Putih, Cegah Kanker Hingga Jaga Daya Tahan Tubuh
Temu Putih (Int).

KabarJakarta.com -- Virus Covid-19 merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Meskipun pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu, namun virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Penularan virus ini terjadi melalui percikan dahak (droplets) dari saluran pernapasan. Virus ini berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada (27/11) jumlah kematian di Indonesia akibat Virus ini adalah 16.352 orang. Virus ini dapat menginveksi siapa saja tapi akan lebih fatal dan berbahaya bagi orang yang telah lanjut usia, perokok, ibu hamil, orang yang memiliki penyakit tertentu dan daya tahan tubuh lemah.

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan beberapa cara seperti istirahat yang cukup, mengatur pola makan dan berolah raga. Selain itu ada juga masyarakat yang ternyata memanfaatkan tanaman-tanaman tertentu bahkan tanaman ini biasa digunakan sebagai bumbu dapur yaitu jahe, temulawak, sereh,kunyit dan temu putih.

Kepala Cabang Sulselbar Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) Suryanti, saat dihubungi Sabtu (28/11) mengatakan bahwa ia rutin mengkonsumsi tanaman temu putih yang pada dasarnya selain baik untuk mencegah kanker dan tumor tanaman ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh. 

"Tanaman ini memang dari dulu saya rutin konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh, apa lagi dulu sebelum menjabat sebagai kepala cabang saya aktif turun ke lapangan memberi edukasi kesehatan kepada masyarakat terutama mengenai kanker dan tumor, karena aktifitas ini jadi saya rutinkan untuk konsumsi agar membantu menjaga daya tahan tubuh saya," ungkapnya.

"Apa lagi di masa pandemi seperti ini, banyak virus maka menjaga daya tahan tubuh sangat penting, cara pengolahan juga sangat mudah dan tanaman ini juga mudah di dapatkan di pasar-pasar," tambahnya.

Berikut adalah cara pengolahan tanaman temu putih khas Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia : 

1. Cari tanaman temu putih yang sudah tua atau yang sudah berumur 2 tahun
2. Kupas Kulit dan dagingnya kemudian dibuang, sisakan rimpangnya saja atau tulang tengahnya.
3. Iris tipis-tipis, kemudian keringkan 
4. Setelah kering silahkan haluskan sampai bentuk serbuk.
5. Cara minumnya cukup ambi 1 sendok teh temu putih yang sudah di haluskan tadi kemudian seduh dengan 1 gelas air hangat. Sikahkan diminum 1x1 sehari setelah makan. (KabarMakassar.com/Sulis)

Penulis : Sulistiawati

Editor : Redaksi