Kabar JakartaNews With Data

LSI Klaim Incumbent Masih di Atas Angin

Pilwalkot Parepare 2018

  • Rubrik : Nasional
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : Terbit 29/1/18
LSI Klaim Incumbent Masih di Atas Angin
Peneliti LSI, Ras MD yang menggelar konfrensi pers hasil temuan dan analisis survei opini publik Kota Parepare di Hotel Pare Beach, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Minggu, 28/1/2018. [Foto: Dok.KM]

KabarMakassar.com, Parepare --- Kegiatan survei kepuasan atas kinerja incumbent dan peluang penantang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) dan Konsultan Citra Indonesia (KCI) dalam rangka jelang Pemilihan Walikota (Pilwalkot) 2018 mendatang. LSI mengklaim tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja incumbent dalam hal ini Wali Kota Parepare Taufan Pawe sebanyak 60,4 persen.

Hal tersebut disampaikan Peneliti LSI, Ras MD yang menggelar konfrensi pers hasil temuan dan analisis survei opini publik Kota Parepare di Hotel Pare Beach, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Minggu 28 Januari 2018.

Konferensi pers dihadiri sejumlah jurnalis dari berbagai media di Kota Parepare.

Ras MD kepada media memaparkan, penghitungan hasil akhir survei pengumpulan data yang dilakukan oleh LSI sejak 17-22 Januari 2018, menggunakan metode multistage random sampling. Ada 440 responden yang diwawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Hasilnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap incumbent sebanyak 60 persen dibanding Wakil Wali Kota Parepare Faisal Andi Sapada (FAS) yang berpasangan dengan Asriady Samad, 24,1%.

Dari hasil tersebut, Ras MD yakin incumbent bisa memenangkan Pilwalkot 2018 mendatang di Kota Parepare. Ini dibuktikan dari hasil survei yang dilakukannya. "Kami yakin pasangan Taufan Pawe dan Pangeran Rahim (TP) bisa memenangkan Pilwalkot ini dengan beberapa indikator yang menjadi kepuasan masyarakat Kota Parepare," terangnya kepada media.

Lebih lanjut Ras MD menguraikan tiga indikator yang menjadi alasan mengapa publik mengidolakan Bapaslon TP versi LSI dengan capaian hasil di antaranya, publik puas dengan kinerja TP 85.9% sedangkan kepuasan kinerja FAS di angka 54.6%. Indikator selanjutnya adalah sebanyak 78.70% publik Kota Parepare memilih TP memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah Kota Parepare sedangkan kemampuan FAS hanya 21.30%, dan terakhir tingkat kesukaan sebanyak 89.90% memilih TP. Sedangkan FAS-Asriady Samad hanya 70.00%.

Dan yang paling menonjol sehingga tingkat elektabilitas TP meningkat pada publik menurutnya adalah beberapa program kerja seperti program Call Center 112 dengan capaian 91.3%. Program selanjutnya adalah BPJS Kesehatan, publik memilih 88.6% , Program peduli lorong dan lingkungan memilih 89.1% . Terakhir adalah program pendidikan gratis publik memilih 84.1% sangat puas.

"Dengan hasil survei tersebut kami yakin incumbent berpotensi bisa memenangkan Pilwalkot 2018 di Kota Parepare," tutupnya. (*)