Bio Farma: Vaksin Covid-19 Didistirubusi ke 34 Provinsi

Bio Farma: Vaksin Covid-19 Didistirubusi ke 34 Provinsi
Profesor Gustavo Romero, selaku koordinator riset vaksin Covid-19 di Brasil, menunjukkan vaksin Sinovac asal China dalam uji klinis fase 3 di Rumah Sakit Universitas Brasilia, di Brasilia, Brasil, 5 Agustus 2020.

KabarJakarta.com --  PT Bio Farma memastikan jika hari ini dari 34 Provinsi bakal didistribusikan Vaksin covid-19 asal China, Sinovac. Salah satunya tiba di Provinsi Jawa Tengah, Senin (4/1). Provinsi Jateng menerima 62.560 vaksin Sinovac dan di gudangkan sementara di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang.

Vaksin yang tiba di Jateng pukul 03.00 WIB dan dikawal ketat anggota Brimob Polri bersenjata lengkap yang mengendarai dua unit mobil lapis baja Barracuda. Sementara itu, di provinsi lainnya pada hari ini juga didistrubiskan seperti di Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Bali, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua.

Selain itu Jatim diperkirakan hari ini bakal tiba dan paling lambat besok tanggal 5 Januari 2021 besok. Kemudian Sulawesi Barat diperkirakan pada Kamis 7 Januari bakal tiba di Mamuju.

Sebelumnya Provinsi Banten lebih dahulu tiba pada Minggu, 3 Januari 2020. Polda Banten menceritakan bahwa tanggal 16 Januari 2021, semua vaksin harus terdistribusi ke delapan kabupaten dan kota. Jumlah vaksin yang diterima Provinsi Banten berjumlah 14.560 dosis.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 dari Biofarma Bambang Herianto menyebutkan, tidak ada kendala distribusi vaksin Covid-19 ke seluruh Indonesia karena program itu sudah sering atau setiap tahun dilakukan pada program vaksinasi lain.

Bambang dalam konferensi pers secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu (3/1/2021), mengatakan pendistribusian vaksin Covid-19 tidak akan sulit lantaran hal itu sudah dilakukan bertahun-tahun.

"Ini bukan program vaksinasi pertama kali yang dilakukan di Indonesia. Banyak sekali program vakisnasi telah dilakukan selama ini dan itu berjalan baik," tegas Bambang seperti dikutip Antara.

Oleh karena itu Bambang menyebut pendistribusian vaksin Covid-19 ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sudah disiapkan dalam hal sarana prasarana mulai dari tempat penyimpanan, rantai dingin pengiriman, hingga ke fasilitas layanan kesehatan tempat pemberian vaksin.

Dia memastikan bahwa vaksin akan memenuhi persyaratan penyimpanan sesuai spesifikasi vaksin dalam proses rantai dingin pengiriman hingga penyimpanan yaitu dalam rentang suhu 2 hingga 8 derajat Celcius.

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar