Covid-19 Meningkat, Ruang ICU di Jakarta Penuh hingga Februari

Covid-19 Meningkat, Ruang ICU di Jakarta Penuh hingga Februari
INT.

KabarMakassar.com -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memprediksi jika angka covid-19 terus meningkat hunian ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit (RS) rujukan pasien Covid-19 Jakarta bakal penuh.

Bahkan Pemprov memprediksi jika bakal penuh hingga Februari 2021 mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI, Weningtyas Purnomorini dalam rapat koordinasi 10 provinsi dengan kasus Covid tertinggi di akun Youtube Yankes Rujukan, Kamis (7/1).

Hal tersebut juga dikatakn jika RS penuh karena tempat tidur atau ruangan tak bertambah sehingga diyakini tidak dapat melayani pasien dengan baik


"Bila tidak dilakukan intervensi maka di Februari itu kami untuk ICU sudah penuh," tambahnya.

Ia menambahkan jika tempat tidur yang tersedia sebanyak 24.498 unit, dengan rincian 8.085 tempat tidur untuk ruang ICU dan sisanya untuk ruangan non-ICU.

Weningtyas mengaku telah meminta agar rumah sakit non-rujukan bisa menerima pasien Covid-19 dengan persentase kapasitas 30 persen bagi pasien non-Covid dan 70 persen untuk pasien Covid-19.

"Bila 50 persen bed dapat dikonversi menjadi bed Covid, maka tentu saja pasien non-Covid tetap harus kita perhatikan," ujarnya.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi