Ketua DEIT: Pemerintah Sebaiknya Libatkan Swasta Soal Vaksin

Ketua DEIT: Pemerintah Sebaiknya Libatkan Swasta Soal Vaksin
Ketua Dewan Ekonomi Indonesia Timur DEIT Annar Salahuddin Sampetoding.

KabarJakarta.com -- Ketua Dewan Ekonomi Indonesia Timur DEIT Annar Salahuddin Sampetoding, berharap pemerintah melibatkan pihak swasta soal pengadaan vaksin covid-19. Ini untuk membantu pemerintah melaksanakan gerakan vaksinasi nasional yang akan dilakukan pertengahan Januari 2021.

"Saya pikir dalam situasi sulit seperti saat ini, saatnya kita membantu pemerintah. DEIT bersama anggotanya yang tersebar di berbagai wilayah tergerak ingin membantu pemerintah. Termasuk soal pengadaan vaksin, distribusi vaksin agar bisa segera merata ke seluruh rakyat Indonesia, termasuk Indonesia Timur," kata Annar S Sampetoding  kepada KabarJakarta, members Kabar Grup Indonesia  Network di Jakarta, Kamis 7 Januari 2021.

Annar menilai pemerintah akan terbantu jika semua pihak bersatu membantu pemerintah, tentu dengan porsinya masing-masing. "Pengadaan vaksin dan distribusi vaksin ini akan terkendala karena luas wilayah dan jumlah penduduk Indonesia, Ini menyangkut nyawa rakyat. Pemerintah saatnya libatkan eksponen dari luar pemerintah," katanya.

Vaksin yang saat ini sudah masuk ke Indonesia, menurut pengusaha senior dari Sulsel dan Sulbar ini, tetap tak akan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. "Nah pengusaha-pengusaha yang punya jiwa nasionalisme dilibatkan. Kami siap berdialog dan membantu pemerintah," katanya.

Annar menilai, faktor emergency dan kemanusiaan menjadi dasar pihak DEIT untuk membantu pemerintah. " Satu nyawa manusia menjadi penting kita selamatkan. Kita usulkan jangan semua rakyat digratiskan kalau ada yang mampu membayar harap diperbolehkan,Ayo Pemerintah ajak stakeholder lain membantu. Ini masalah kita bersama," paparnya.

Annar menambahkan saat ini pemerintah akan kewalahan dalam menyuplai vaksin. Makanya dibutuhkan gotong royong bersama seluruh pihak untuk menyelamatkan rakyat Indonesia.

Ia juga mengaku siap berdialog dengan pemerintah, termasuk menggerakkan potensi-potensi para pengusaha yang juga terdampak akan virus covid-19.
 
DEIT sudah bekerjasama yayasan Buddha Tzuchi dan yayasan Tomanurung adalah wadah berhimpun kerajaan-kerajaan Sulawesi Selatan dan barat 4 Etnis (Toraja, Makassar, Bugis dan Mandar) bersama menyalurkan bantuan kemanusiaan di Indonesia Timur, dan rencananya akan kita tingkatkan lagi dalam pengadaan vaksin bila pemerintah mengizinkan.

Penulis : Sulistiawati

Editor : Fritz V Wongkar