Ini 5 Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Ini 5 Calon Kapolri Pengganti Idham Azis
Ilustrasi (Calon Kapolri).

KabarJakarta.com -- Ada lima calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang bakal menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Dimana Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyerahkan lima nama jenderal bintang tiga tersebut.

Untuk diketahui jika pada Februari 2021, masa jabatan Kapolri Jenderal Idham Azis telah habis.

Berikut nama-nama Calon Kapolri:

1. Komjen Arief Sulistyanto.

Arief Sulistyanto, 55 tahun, saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri. Pria kelahiran Nganjuk, Jawa Timur pada 24 Maret 1965 ini merupakan lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1987.

2. Komjen Gatot Eddy Pramono

Gatot Eddy Pramono adalah Wakil Kepala Kepolisian RI. Jabatan itu ia emban sejak 7 Januari 2020, menggantikan Komisaris Jenderal (Purn) Ari Dono Sukmanto yang pensiun. Kelahiran Solok, Sumatera Barat pada 28 Juni 1965 ini merupakan perwira tinggi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988.

3. Komjen Listyo Sigit

Listyo merupakan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, ia juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969. Listyo dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

Ia juga pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014.

4. Komjen Boy Rafli

Boy Rafli Amar seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Mei 2020 menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Boy, lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Pada April 2017, Boy menjabat sebagai Kapolda Papua. Jabatan kapolda juga pernah diemban Boy untuk wilayah Banten selama sekitar dua tahun yaitu pada Desember 2014 hingga April 2016.

5. Komjen Agus Andrianto

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Agus Andrianto kelahiran di Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Polisi 1989. Setelah lulus dari akademi, Agus mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 1995 dan Sespim Sespimti pada 2012. 

Ia berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjabat sebagai Kabaharkam, Agus sempat menjadi Wakapolda Sumatera Utara pada 2017. Ia menggantikan Brigjen Adi Prawoto yang diangkat menjadi kepala biro di Asrena Polri. Kemudian pada 2018, Agus ditunjuk menjadi Kapolda Sumatera Utara, menggantikan Firli Bahuri yang dilantik sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar