Menkes Pastikan Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Hari Rabu

Menkes Pastikan Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Hari Rabu
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

KabarJakarta.com -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bakal menjadi yang pertama di Indonesia untuk disuntik vaksin COVID-19. Program vaksinisasi dibenarkan langsung oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin jika pada hari Rabu 13 Januari 2021 akan dimulai dari Presiden RI.

Tak hanya itu kabar baiknya kata Menkes Budi Gunadi jika Majelis Ulama Indonesia (MUI) sendiri sudah menyampaikan secara resmi bahwa vaksin yang pertama kali datang ke Tanah Air yakni Sinovac, halal dan suci.

"Insya Allah Bapak/Ibu, kita akan mulai (vaksinasi) di hari Rabu dan akan dimulai dengan Bapak Presiden," kata Budi saat menyampaikan keterangan pers, Senin, (11/1).

Ia juga menambahkan jika informasi dari BPOM juga akan segera menyusul. Karena pemerintah tidak akan mendahului persetujuan dari BPOM. 

Dimana sebelumnya Presiden Jokowi sudah menyebut kalau izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) atas vaksin COVID-19 akan dikeluarkan BPOM pada pekan ini. Jokowi tetap meminta masyarakat mengikuti protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Sementara itu Kepala BPOM Penny K. Lukito menyatakan BPOM saaat ini terus mengawal proses penyediaan vaksin Covid-19 produksi Sinovac (CoronaVac) yang rencananya akan mulai disuntikkan kepada masyarakat pada Januari 2021, dan akan rencananya disuntikkan pertama kali kepada Presiden Jokowi 13 Januari 2021 mendatang. 

Penny K. Lukito juga memastikan BPOM telah memantau mutu dan keamanan vaksin Sinovac atau CoronaVac yang akan disuntikkan kepada Presiden Jokowi tetap terjaga sejak kedatangan vaksin tersebut di Indonesia pada 6 Desember 2020 (tahap I) dan 31 Desember 2020 (tahap II). 

Kepastian mutu vaksin Sinovac atau CoronaVac yang akan disuntikkan kepada Presiden Jokowi ini dengan cara melakukan sampling dan pengujian vaksin.

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar