Ini Syarat untuk Ibu Hamil Dapat BLT Rp3 Juta

Ini Syarat untuk Ibu Hamil Dapat BLT Rp3 Juta
Ilustrasi/ Foto: Antara

KabarJakarta.com -- Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah atau Program BLT PKH 2021 telah diluncurkan pemerintah sejak 4 Januari. Dimana ibu hamil masuk sebagai penerima BLT PKH, dimana informasi tersebut bisa diakses melalui laman resmi kemensos.go.id, Selasa (12/1).

Besaran yang diterima ibu hamil Rp 3 juta, ada empat tahapan akan diberikan kepada ibu hamil dari program BLT PKH 2021 mulai Januari, April, Juli, dan Oktober. Bantuan disalurkan melalui bank BUMN (BNI, BRI, Bank Mandiri, BTN).

Dikutip dari akun Instagram @kemensosri, Selasa (12/1), bantuan untuk ibu hamil dan balita diberikan lewat program keluarga harapan (PKH). Pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp28,7 triliun untuk menyalurkan bantuan PKH.

Tak hanya ibu hamil, anak Balita juga mendapatkan Rp3 juta. Bahkan pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada anak sekolah, penyandang disabilitas, dan lanjut usia (lansia) lewat bantuan PKH.

Berikut syarat penerima PKH bagi ibu hamil dan Balita sebesar Rp 3 juta;

- Wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS maka bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW terlebih dahulu, lalu disampaikan ke kelurahan.

- Setelah mendapat BLT PKH 2021, ibu hamil juga diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan di faskes sebanyak minimal 4 kali selama kehamilan hingga melahirkan.

- Usai melahirkan, ibu hamil yang mendapatkan BLT PKH 2021 juga diwajibkan melakukan pemeriksaan sebanyak 4 kali selama masa nifas 42 hari setelah kehamilan.

Penulis : Aldyansyah

Editor : Fritz V Wongkar