Presiden Jokowi Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

 Presiden Jokowi Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19
Jokowi saat Disuntik Covid-19 (Foto: Biro Pers Setpres).

KabarJakarta.com -- Vaksin virus corona (SARS-CoV-2) di Indonesia telah dimulai dari suntikan pertama untuk Presiden RI Joko Widodo, Rabu (13/1). Presiden Jokowi disuntik vaksin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Suntikan vaksin yang diberikan ke Presiden Jokowi jenis Sinovac, vaksin Covid-19 CoronaVac buatan perusahaan asal China.

Dokter yang menyuntikkan vaksin tersebut merupakan dokter Kepresidenan yakni Wakil Ketua Dokter Kerpesidenan dr. Abdul Muthalib. Ia mengatakan jika vaksin covid-19 sudah disuntikan kepada Presiden tanpa rasa sakit.

"Yah saya sudah menyuntikkan ke presiden, ini berhasil tanpa ada rasa sakit. Bahkan tidak ada pendarahan sama sekali," ujar  dr. Abdul Muthalib.

Usai Presiden Jokowi berturut-turut para pejabat negara serta kalangan anak muda artis, kalangan pers, dan juga pemuka agama juga mendapatkan suntik Vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta.

Vaksin Covid-19 asal Sinovac sendiri telah mengantongi Izin Penggunaan Darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM). Sehingga, vaksin dapat disuntikkan ke tenaga kesehatan yang menjadi prioritas program vaksinasi.

Izin Penggunaan Darurat ini ditandai dengan adanya nilai efikasi (kemanjuran) setara dengan 65,3 persen yang diambil dari laporan interim 3 bulan pascasuntikan kedua dari Uji Klinis Fase 3, yang dilaksanakan di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu, yang diberikan kepada 1.620 relawan.

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar