DPR RI Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri

DPR RI Setujui Komjen Listyo Sigit Sebagai Kapolri
Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

KabarJakarta.com -- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi III menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Rabu (20/1).

Komjen  Pol Listyo calon tunggal Kapolri ini mendapat persetujuan dari 9 fraksi di DPR RI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri," kata Ketua Komisi III Herman Herry/

Secara aklamasi mantan Kapolres Surakarta ini juga telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang digelar Komisi III.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit hari ini berlangsung sekitar empat jam. Sigit memaparkan visi dan misinya sebagai calon kapolri. Keputusan itu diambil setelah Komisi III mendalami paparan Sigit dan melakukan rapat pleno.

"Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan," pungkas Herman.

Pengganti Jendral Idham Azis ini merupakan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, ia juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1991. Ia lahir di Ambon, Maluku, pada 5 Mei 1969. 

Listyo dikenal dekat dengan Presiden Jokowi karena pernah menjabat sebagai Kapolres Solo pada 2011, saat Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Solo. Ia juga pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2014.

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar

AJI