Joe Biden Dilantik jadi Presiden ke-46 Amerika Serikat

Joe Biden Dilantik jadi Presiden ke-46 Amerika Serikat
Pengambilan Sumpah Joe Biden. (Foto: CNN Politics)

KabarJakarta.com -- Joe Biden akhirnya resmi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat setelah diambil sumpahnya dalam upacara yang berlangsung khidmat di gedung Capitol, Washington DC pada Rabu (20/01) sebelum tengah hari waktu setempat (atau tengah malam WIB).

Biden diambil sumpahnya oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts. Dimana sebelumnya Kamala Harris terlebih dahulu diambil sumpahnya, dimana ia pun mencatat sejarah sebagai perempuan keturunan pendatang dari India dan Jamaika, yang menjadi wakil presiden AS.

Pelantikan Joe Biden juga dihadiri beberapa mantan Presiden AS di antaranya, Barack Obama, Bill Clinton, dan George W Bush.

Biden juga merupakan wakil dari Obama saat menjabat sebagai Presiden AS sebelum Trump. Tak hanya mantan Presiden yang hadir, Mike Pence mantan wapres Trump juga turut hadir dalam pelantikan Joe Biden.

Dalam pelantikan tersebut ada 25.000 pasukan Garda Nasional berjaga-jaga di seputar upacara pelantikan ini setelah kerusuhan tersebut.

Dalam pidatonya, Presiden Joe Biden mengatakan, "Ini adalah Hari Amerika. Ini adalah hari demokrasi. Hari bersejarah dan penuh harapan.

"Dalam perjalananannya, Amerika telah diuji dan berhasil mengatasi hambatan. Hari ini kita merayakan kemenangan, bukan kemenangan seorang kandidat tetapi kemenangan atas tujuan, tujuan demokrasi. Sejarah, keyakinan, dan alasan selalu menunjukkan jalan, jalan persatuan. Kita memandang satu sama lain, bukan sebagai musuh, tapi sebagai tetangga. Kita bisa memperlakukan satu sama lain dengan martabat dan hormat. Kita bisa bersatu, berhenti untuk saling marah, dan menurunkan emosi. Karena tanpa persatuan, tidak akan ada perdamaian. Hanya kegetiran dan kemarahan, tak akan ada kemajuan, hanya kemarahan yang melelahkan, tidak ada tindakan nyata, hanya kekacauan semata," kata Biden.

Joe Biden memiliki nama lengkap Joseph Robinette Biden Jr. ia lahir di Scranton, Pennsylvania, 20 November 1942, Biden juga seorang politikus Amerika yang kini menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat ke-46. 

Biden dalam kiprahnya did dunia politik sebagai anggota Partai Demokrat dan pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat ke-47 dari 2009 hingga 2017 serta Senator senior dari Delaware dari 1973 hingga 2009.

Ia pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 1988 dan 2008 namun mengundurkan diri dalam kedua-dua kesempatan tersebut. Pada 22 Agustus 2008, diumumkan bahwa Barack Obama telah memilih Biden sebagai pasangan bakal calon wakil presidennya dalam pemilihan presiden 2008.

Dalam perjalanan keluarga Biden pada 1966 ia menikahi Neilia Hunter. Mereka dikaruniai 3 anak, Joseph R. III (Beau), Robert Hunter, dan Naomi. Istri dan anaknya yang masih bayi tewas dalam sebuah kecelakaan mobil tidak lama setelah ia terpilih menjadi senator pada 1972. 

Kedua anak laki-lakinya juga menderita luka berat dalam kejadian tersebut. Pada 1977, Biden menikah dengan Jill Tracy Jacobs. Mereka dikaruniai satu anak, Ashley.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi

AJI