Kedekatan Lily Salurapa dengan Komjen Pol Listyo Sigit

Kedekatan Lily Salurapa dengan Komjen Pol Listyo Sigit
IST

KabarJakarta.com -- Komisi III DPR RI melakukan tahap akhir dalam menentukan pengganti Kapolri Idham Aziz yang akan memasuki masa pensiunnya pada 1 Februari 2021. Hasil keputusan rapat yang digelar pada Rabu, 20 Januari 2021 tersebut menyetujui pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dalam jabatan sebagai Kapolri yang yang baru dan menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri yang lama. 

Putusan tersebut diambil usai digelar fit and proper test di ruang Komisi III DPR, Kompleks Senayan, Rabu (20/1). Penetapan Listyo Sigit sebagai Kapolri oleh DPR RI, selanjutnya akan disampaikan dalam rapat paripurna. 

Hasil tersebut dapat apresiasi dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan Lily Amelia Salurapa. Sebagai Anggota Komite 1 DPD RI yang juga mitra kerjanya bersama Kapolri, ini sebagai langkah baik bagi seluruh masyarakat Indonesia. 

Menurutnya hadirnya Pak Listyo akan membawa angin segar bagi perubahan di tubuh instansi Kepolisian dan dapat melaksanakan program kerja dalam 100 hari kerja.

“Selamat atas penetapan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri yang baru. Semoga tetap di berikan kesehatan sampai di tetapkan secara resmi pada sidang Paripuran terdekat DPR RI,” ungkapnya, Rabu (20/1).

Sosok Listyo Sigit Prabowo ini punya cerita tersendiri dari Senator Perempuan Pertama Toraja ini. Hubungan antara Lily dan juga keluarga besar Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sudah berlangsung puluhan tahun yang lalu. 

“Di mata saya, beliau (Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo) beserta keluarga dikenal begitu bermasyarakat di lingkungannya dan persahabatan saya dengan istri beliau sangat begitu erat, bahkan anak kami bersama-sama berjuang dari kecil hingga menjadi dokter,” tambah Lily. 

Lily menuturkan Listyo Sigit Prabowo dan keluarga merupakan sosok yang sangat dermawan.

"Selama puluhan tahun persahabatan kami, banyak pelajaran yang dapat diambil oleh masyarakat. Terutama, Nyonya Yuli Listyo. Sifat dermawan dan perhatian beliau kepada masyarakat sangat dirasakan masyarakat khususnya yang ada di sekitar kediaman beliau," puji Lily. 

Sebagai salah satu mitra kerja di Komite 1 DPD RI ia berharap besar terkait keamanan dan ketertiban di Indonesia menjadi isu utama dari Kapolri terpilih ini. Suksesi dalam mengungkap penyerangan Novel Baswedan, pembobol kas Bank BNI lewat letter of credit (L/C) fiktif dan terakhir yang masih hangat adalah keberhasilan Boronan Kelas Kakap kasus korupsi pengalihan hak tagih (Cessie) Bank Bali Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra ini menjadi optimisme Komite 1 DPD RI untuk bisa mengungkap permasalahan-permasalahan yang belum terselesaikan.   

“Terkait keamanan, terorisme dan gerakan radikalisasi kelompok-kelompok tertentu yang hingga kini belum juga reda. Institusi Polri ke depan harus mampu menyiapkan strategi khusus untuk menyikapi hal ini,” pungkas Anggota Komite 1 DPD RI ini.

Penulis : Aldyansyah

Editor : Fritz V Wongkar

AJI