Nilai Tukar Rupiah Menguat Hari Ini

Nilai Tukar Rupiah Menguat Hari Ini
Ilustrasi.

KabarJakarta.com -- Mata uang rupiah hari ini, Jumat 29 Januari 2021 menguat di posisi Rp14.057 per dolar AS pada perdagangan pasar spot, dimana menguatnya di 0,16 persen ini dibandingkan pada Kamis kemarin  di level Rp14.077 per dolar AS.

Menguatnya Rupiah, mata uang lainnya di kawasan Asia justru melemah terhadap dollar AS, semisal Yen Jepang melemah 0,25 persen, dolar Singapura melemah 0,08 persen.

Kemudian, rupee India melemah 0,17 persen, yuan China melemah 0,20 persen, ringgit Malaysia melemah 0,14 persen, dan bath Thailand terpantau melemah 0,01 persen.

Dikutip dari Kantor berita ANTARA, Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan meski sentimen terhadap aset berisiko membaik karena indeks saham AS berhasil menguat kemarin, namun rupiah kelihatannya masih akan tertekan terhadap dolar AS hari ini.

"Pasar masih mengkhawatirkan peningkatan kasus covid-19, di dunia dan di dalam negeri yang bisa membatasi pemulihan ekonomi," ujar Ariston Tjendra.

Sebelumnya pada pagi hari, rupiah menguat pada 20 poin di jam 9.47 WIB. Rupiah menunjukkan tanda-tanda akan menguat pagi tadi, yang tercermin dari kurs non-deliverable forward (NDF) yang lebih kuat beberapa saat sebelum pembukaan perdagangan hari ini dibandingkan sebelum penutupan kemarin.

NDF adalah instrumen yang memperdagangkan mata uang dalam jangka waktu tertentu dengan patokan kurs tertentu pula. Pasar NDF belum ada di Indonesia, hanya tersedia di pusat-pusat keuangan internasional seperti Singapura, Hong Kong, New York, atau London.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi

AJI