Tahun 2022 Vaksin Merah Putih Bisa Digunakan

Tahun 2022 Vaksin Merah Putih Bisa Digunakan
Menteri BUMN Erick Thohir (dok: Bio Farma).

KabarJakarta.com -- Target Menteri BUMN Erick Thohir dalam penanganan covid-19 di Indonesia ada tiga hal, dimana salahsatunya Vaksin Merah Putih bisa digunakan pada kuartal IV tahun 2022.

Dalam launching program Plasma BUMN untuk Indonesia, Erick mengatakan ada tiga hal yang bakal difokuskan dalam penanganan vaksin covid-19.

"Ada 3 hal yang kita fokuskan dalam penanganan pandemi covid-19, Kementerian BUMN fokus pertama yakni menjalankan tugas dari Kemenkes dalam mendukung pengadaan vaksinasi atau mendukung vaksinasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan. Kedua, pihaknya akan terus bekerjasama  dengan Kemenristek dan Kementerian Kesehatan dalam penemuan vaksin Merah Putih. Di mana Kementerian BUMN melalui Bio farma sudah melakukan kerjasama  dengan 7 institusi salah satunya Lembaga Eijkman dan 6 Universitas. fokus ketiga yakni, Kementerian BUMN tetap mendorong kerjasama dengan banyak institusi yang ada di Indonesia mengenai protokol kesehatan 3M dan 3T," ujar Erick Thohir, Senin (8/2).

Erick bersyukur dari penjajakan atau kerjasama yang dilakukan, ada tanda-tanda dua penemuan bisa dilakukan akhir tahun ini. Sehingga kalau memang daripada vaksinnya sudah diterima di Bio Farma, Di kuartal I 2022 kita lakukan uji klinis, semoga juga nanti diuji klinis terakhir di kuartal III 2022, sehingga di kuartal IV 2022 bisa punya vaksin merah putih sendiri.

"Kami coba mendukung juga kegiatan PPKM mikro dengan 2 hal, satu, bulog kerja sama Polri, TNI  untuk membantu mendistribusikan beras saat PPKM mikro; kedua, kita mencoba mendukung pengadaan masker secara gratis kepada pihak  mendagri kapolri dan panglima TNI," tandas Erick. 

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar

AJI