Rapsel Ali Kunker di Makassar Sosialisasi UU Minerba

Rapsel Ali Kunker di Makassar Sosialisasi UU Minerba
Anggota DPR RI Rapsel Ali melakukan sosialisasi UU Minerba bersama masyarakat di Kota Makassar, Sabtu (20/2).

KabarJakarta.com -- Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Partai Nasdem Muhammad Rapsel Ali melakukan sosialisasi UU Minerba bersama masyarakat di Kota Makassar, Sabtu (20/2). Dalam sosialisasi UU Minerba di Kota Makassar, Rapsel mengunjungi beberapa lokasi seperti di wilayah La'latang Kecamatan Tallo, Malimongan Baru Kecamatan Bontoala Makassar.

Sosialisasi Rapsel disambut baik masyarakat yang hadir mendengarkan pemaparan soal Undang Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan Mineral dan Batubara.

"Jadi kami ke masyarakat langsung untuk melakukan sosialisasi terkait UU nomor 3 Tahun 2020, dimana UU ini merupakan perubahan atas UU Nomor 4 Tahun 2009. Poin yang penting yang diatur dalam revisi UU Minerba ini antara lain kewenangan perizinan, perpanjangan izin, pengaturan terhadap IPR dan aspek lingkungan, Hilirisasi, divestasi, hingga beberapa pengaturan yang dilakukan untuk memperkuat BUMN," kata Rapsel anggota DPR RI komisi VI.

Rapsel menjelaskan jika salah satu revisi UU no 3 ini yang memperkuat BUMN yakni pengaturan bahwa eks WIUP dan Wilayah WIUPK dapat ditetapkan sebagai WIUPK yang penawarannya diprioritaskan kepada BUMN, serta BUMN mendapatkan prioritas dalam pembelian saham divestasi

Legislator Partai NasDem ini menambahkan dalam revisi UU minerba ini juga ada peningkatan bagian pemerintah daerah dari hasil kegiatan pertambangan, dari sebelumnya 1 persen untuk pemerintah provinsi, menjadi 1,5 persen.

Rapsel bersama rombongan mengawali pertemuan dengan warga di salah satu warkop di jalan Pongtiku Makassar, hingga mengakhiri kunjungannya di salah satu rumah Tahfiz Quran di Kecamatan Ujung Tanah Makassar.

Dikabarkan jika Rapsel selama 4 hari di Sulawesi Selatan akan berkunjung ke beberapa daerah selain Makassar yakni di Kabupaten Gowa hingga bertolak ke Jakarta pada Senin 22 Februari 2021.

Penulis : Redaksi

Editor : Fritz V Wongkar

AJI