Sandiaga Uno Kucurkan Rp100 M, Pulihkan Pariwisata Indonesia

Sandiaga Uno Kucurkan Rp100 M, Pulihkan Pariwisata Indonesia

KabarJakarta.com -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bakal menyalurkan dana Rp 100 milliar untuk memulihkan sektor pariwisata, dalam penyaluran dana tahun 2021. Hal itu disampaikan Sandiaga Uno dalam diskusi  strategis Redefining Sustainable Tourism Roadmap, hari ini, Selasa (9/3).

“Pemerintah juga akan berfokus pada peningkatan akses pembiayaan untuk pemulihan sektor pariwisata. Target penyaluran pendanaan pada tahun 2021 pun mencapai Rp 100 miliar,” kata Sandiaga Uno.

Dalam pembiayaan pemulihan pariwisata Indonesia, ada 7 sektor yang jadi prioritas antara lain, kuliner, fesyen, kriya, aplikasi, pengembang permainan, film, animasi, dan video, serta pariwisata khususnya untuk desa wisata.

Sandiaga menambahkan jika peningkatan akses pembiayaan akan dilakukan dengan program mempertemukan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang memiliki kebutuhan pembiayaan dengan alternatif sumber pembiayaan dari lembaga keuangan, baik perbankan maupun non perbankan.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif ingin menjadi solusi dari isu sustainability. Kami akan beralih dari mass tourism menjadi sustainable tourism dan eco tourism yang mengutamakan sustainability, serenity, dan spirituality. Kami akan mendorong kualitas daripada kuantitas di sektor pariwisata," jelasnya.

Ia menambahkan jika sektor pariwisata diharapkan mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia pasca pandemi. Pasalnya, sektor ini dinilai memiliki potensi yang sangat kuat, apalagi peringkat pariwisata Indonesia terus mengalami kenaikan di tingkat internasional.

 

Penulis : Adri Willy

Editor : Fritz V Wongkar

AJI