Jekpreneur Fest 2021: Pemprov DKI Dorong UMKM Ibu Kota Meningkat

Jekpreneur Fest 2021: Pemprov DKI Dorong UMKM Ibu Kota Meningkat
Acara ini menjadi bentuk kolaborasi nyata antara Pemerintah Daerah, BUMD, dan pihak swasta untuk bersama memajukan UMKM

KabarJakarta.com -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board dan Shopee Indonesia berkolaborasi dalam Jakpreneur Festival (Jakpreneur Fest) 2021 Bangkit Bersama Shopee. Melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta, Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee, akan menjadi bagian dalam rangkaian HUT 494 Tahun Jakarta yang mengusung tema Jakarta Bangkit. Rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021, diisi dengan ragam kegiatan diantaranya Pameran Insidental di Mbloc dan Terowongan Kendal, Kompetisi Bisnis, Kelas Super, Kelas Personal, Pasar Jakpreneur hingga Malam Apresiasi. Sesuai dengan tema yang diangkat, kolaborasi ini memberikan kesempatan kepada UMKM serta menstimulasi daya beli masyarakat lewat berbagai inovasi, kolaborasi, dan program. Para anggota Jakpreneur dan UMKM yang ada di Jakarta diharapkan dapat meningkatkan kapasitas, membangun jejaring, akses pemasaran, peluang untuk ekspor dan pemberian apresiasi bagi UMKM.

Jakpreneur merupakan gagasan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai  program pengembangan wirausaha terpadu. “Melalui Jakpreneur, setiap UMKM didampingi sesuai dengan fasenya masing-masing. Kami menekankan aspek kolaborasi dengan melibatkan pihak lain sebagai partner dalam program-program Jakpreneur,” jelas Anies saat peluncuran Jakpreneur pada Februari 2020 lalu.

Sementara itu Kepala Dinas PPKUKM, Andri Yansyah menyampaikan bahwa dalam kondisi pandemi membuat kegiatan perekonomian menjadi stagnan sehingga di perlukan kreatifitas dan dukungan pemerintah

“UMKM menjadi harapan dan tumpuan untuk menggerakkan roda perekonomian yang sedang stagnan karena dampak pandemi, sehingga diperlukan dukungan dari pemerintah, BUMD dan pihak swasta untuk meningkatkan kapabilitas UMKM yang ada, demi mendongkrak perekonomian daerah, maupun nasional. Kami menyambut baik partisipasi Shopee dalam mengambil andil untuk membawa UMKM Jakarta naik kelas,” ujar Plt. Kepala Dinas PPKUKM, Andri Yansyah, dalam sambutan konferensi pers di Balaikota pada (18/6).

Direktur Utama Jakarta Experience Board, Novita Dewi, memaparkan berbagai program yang termasuk dalam rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021. “Semua rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bisnis dan pengembangan UMKM, meningkatkan transaksi penjualan produk, serta mendorong peningkatan keterampilan kewirausahaan yang saat ini sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi ketika situasi menjadi serba sulit. Kami berharap, dukungan dari Shopee untuk meningkatkan eksposur, pendampingan, peluang untuk ekspor hingga kompetisi bisnis dapat membantu percepatan bangkitnya UMKM, terutama yang berdomilisi di ibu kota,” tambah beliau.

Rangkaian acara dimulai dengan Kompetisi Bisnis, yang menantang UMKM untuk berinovasi dan berkreasi dengan bisnis model yang dimilikinya. Peserta Kompetisi Bisnis berkesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai dengan total 90 juta rupiah yang akan diumumkan di Malam Apresiasi pada 27 Juni nanti. Kompetisi bisnis telah dibuka dari 24 Mei hingga 17 Juni ini telah mendapatkan antusiasme yang cukup tinggi dengan jumlah peserta lebih dari 200 peserta.

Selain Kompetisi Bisnis, para pelaku UMKM diajak untuk belajar bersama dengan para mentor-mentor dari berbagai industri lewat Kelas Super dan Kelas Personal. Dipandu oleh belasan mentor yang ahli di bidangnya, Kelas Super dan Kelas Personal dapat diakses secara gratis oleh seluruh masyarakat melalui www.jakpreneurfest.com, Shopee Live dan kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta pada tanggal 20-22 Juni 2021.
Demi mendorong kenaikan transaksi UMKM, Jakpreneur Fest pun menggelar Pasar Jakpreneur di Shopee pada 21 hingga 30 Juni 2021.

Radityo Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia menambahkan, “Shopee bersama dengan layanan ShopeePay dan ShopeeFood senang sekali dapat  berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung bisnis UMKM tanah air terlebih di masa sulit saat ini. Jakpreneur Fest, yang merupakan bagian dari rangkaian HUT Jakarta, akan menghadirkan banyak kegiatan yang tidak hanya menambahkan eksposur bisnis tapi juga dapat meningkatkan kualitas daya saing bisnis dan mendorong pertumbuhan bisnis UMKM hingga menuju ekspor. Meski berlangsung dalam keterbatasan situasi, Shopee dan Pemprov DKI Jakarta akan membawa experience Jakpreneur Fest ke online melalui Pasar Jakpreneur di Shopee agar masyarakat dapat menikmati kemudahan akses dan penawaran menarik untuk rangkaian produk dari UMKM dan brand lokal asal Jakarta.”

Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee dapat terselenggara dengan sukses dengan adanya kolaborasi dari Shopee, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Bank Indonesia, Sarana Jaya, HIPPINDO & Inaproduct. Acara ini turut didukung oleh Jakarta Creative Hub, Mbloc, Dekranasda, Kelas Pagi, Omni Communication Assistant (OCA), Indomaret dan PT. Jakarta Propertindo.

Untuk informasi yang lebih detail, masyarakat dapat mengunjungi instagram @Jakpreneurfest.

Penulis : Zultamzil

Editor : Redaksi

AJI