Hasil Survei: Separuh Penduduk Jakarta Pernah Terinfeksi Covid-19

Hasil Survei: Separuh Penduduk Jakarta Pernah Terinfeksi Covid-19
ilustrasi freepik

KabarJakarta.id -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memaparkan hasil survei serologi Covid-19 yang dilakukan oleh Tim Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKMUI). Hasilnya separuh warga Ibu Kota pernah terinfeksi Covid-19.

Survei tersebut dilakukan pada Maret 2021 lalu di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. diamana hasil temuannya sebanyak 44,5 persen warga yang pernah terinfeksi Covid-19 dan meningkat menjadi 49,2 persen di bulan Juni.

"Artinya separuh dari penduduk di Jakarta sudah memiliki eksposur. Mudah-mudahan kekebalan di dalam urusan Covid-19 ke depan kita akan mendorong lebih jauh supaya kegiatan vaksinasi bisa tuntas," kata Anies dalam konfrensi pers secara virtual, Sabtu (10/7).

lebih lanjut, Anies membicarakan mengenai mengenai kekebalan komunal di Jakarta bisa tercapai atau tidak. Menurtnya, mobilitas masyarakat yang tinggi mewajibkan seluruh warga Ibu Kota mendapat kekebalan dengan vaksinasi.

"Maka tidak ada pilihan bagi Jakarta kecuali memastikan penduduknya punya kekebalan. Artinya telah tervaksinasi yang bisa mengatasi semua varian," ungkapnya

Pemprov DKI Jakarta telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 5,4 juta penduduk. Artinya, baru 11,4 persen yang telah mendapatkan vaksinasi.

"Bahwa kami sudah memvaksin 5,4 juta. Pada saat studi ini dilakukan tanggal 31 Maret itu baru 1,2 juta dosis. Artinya baru 11,4 persen yg pada saat survei ini dilakukan sudah mendapatkan vaksinasi," tutur Anies.

Penulis : Zultamzil

Editor : Redaksi

AJI