Kabar JakartaNews With Data

Bahas Sanitasi Lingkungan, Danny Pomanto Pimpin Rakornas Akkopsi

Program Pemkot Makassar

  • Rubrik : Internasional
  • Penulis : Indrawan
  • Terbit : Terbit 1/2/18
Bahas Sanitasi Lingkungan, Danny Pomanto Pimpin Rakornas Akkopsi
Walikota Makassar, Ramdhan Danny Pomanto pimpin rapat kordinasi bersama pengurus Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Hotel The Rinra Lantai 3 Ballroom Lontara, Kamis, 1/2/2018. [Foto: Indrawan / Kabar Makassar]

KabarMakassar.com --- Walikota Makassar, Ramdhan Danny Pomanto pimpin rapat kordinasi bersama pengurus Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) di Hotel The Rinra Lantai 3 Ballroom Lontara, Kamis, 1 Februari 2018.

Ketua Umum Akkopsi Ramdhan Danny Pomanto mengaku akan bekerja keras membantu meningkatkan sanitasi di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia.

"Kita mencanangkan bagaimana Akkopsi bisa membantu seluruh pemerintah di Indonesia dan bisa membantu pemerintahan pusat dalam target-target sanitasi lingkungan baik nasional maupun internasional" ungkap Walikota Makassar Danny kepada awak media.

Poin-poin pembahasan dalam rapat terkait program-program tahun ini, selain penganggaran dan bagaimana menghimpun posisi daerah.

"Untuk itu saya juga meminta Makassar menjadi pusatnya nanti untuk mencoba menshare persoalan-persoalan sanitasi" tambah Danny.

Dia menjelaskan sanitasi cakupannya sangat luas menyangkut drainase, perkampungan kumuh, banjir dan beberapa permasalahan menyangkut lingkungan.

"Contohnya banjir pasti persoalan itu berhubungan dengan drainase jadi ini merupakan amanah yang diberikan kepada saya sebagai Ketua Umum. Mencoba memberikan rumusan-rumusan sebelum terjadi untuk kemampuan mitigasi kita terhadap kemungkinan yang akan terjadi di masa depan" ujarnya.

Selain itu dia mengimbau jangan lagi ada tigalisme terkait drainase primer dan sekunder karena Akkopsi akan sampaikan langsung ke pemerintah pusat.

"Tidak boleh lagi ada tigalisme. Antara pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan pusat. Kita berupaya adanya sertifikasi terkait sanitasi kota. Sertifikasi itulah yang nantinya mengukur kota apakah baik atau tidak" tutup Danny.

Rapat koordinasi Akkopsi turut dihadiri beberapa Bupati dan Walikota Se-Indonesia diantara Walikota Jambi, Bupati Malang, Walikota Banjarmasin, Walikota Cimahi, dan ada juga perwakilan dari Kabupaten Tanggerang. (*)