Januari 2018, Kota Pare-Pare Memiliki Inflasi Tertinggi

Inflasi sulsel

Januari 2018, Kota Pare-Pare Memiliki Inflasi Tertinggi

KabarMakassar.com -- Kota Pare-Pare menduduki peringkat teratas sebagai kota dengan tingkat inflasi tertinggi di Sulawesi Selatan, anggka inflasi mencapai 1,38 Persen.

Badan pusat statistik Sulawesi Selatan (BPS) kembali merilis beberapa angka indikator, salah satunya terkait dengan inflasi di Sulawesi Selatan Januari 2018.

Kepala BPS Sulawesi Selatan Nursan Salam mengatakan untuk inflasi Sulawesi Selatan sebesar 0,81 persen, di Januari 2018. Sementara nasional diangka 0,62 persen sehingga inflasi Sulsel sedikit agak tinggi di bandingkan dengan inflasi Nasional.

Selain itu berdasarkan hasil survei di 5 kota yang ada di Sulsel, kota Pare-Pare memiliki tingkat inflasi yang paling tinggi di bandingkan dengan kota-kota lainnya yang ada di Sulsel yakni sebesar 1,38 persen kemudian yang terendah di kota Makassar sebesar 0.67 persen.

Kepala Bidang Statistik Distribusi wilayah Sulsel, Akmal menegaskan bahwa untuk kota Pare-Pare terjadinya inflasi karena faktor utamanya ada di bahan makanan.

"Salah satunya tingginya harga beras yang menjadi pemicu naiknya angka inflasi di kota Pare-Pare." Kata Akmal Kamis 1 Februari 2018.

Namun ia tetap menganggap bahwa kenaikan inflasi ini tidak akan mengganggu perekonomian masyarakat.

" Ketika inflasinya dibawah 2 digit, berarti masih aman kecuali kalau diatasnya itu sudah gawat" tambahnya. 

Penulis :

Editor :