Kabar JakartaNews With Data

Gempa 4,6 Magnitudo Dirasakan di Tiga Kabupaten di Sulsel

Kejadian Makassar

  • Rubrik : Nasional
  • Penulis : Baba Duppa
  • Terbit : Terbit 3/2/18
Gempa 4,6 Magnitudo Dirasakan di Tiga Kabupaten di Sulsel
Petugas dari Badan Metereologi Krimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar Chandra saat menjelaskan menggunakan alat Camble stokes dan Cop Counter yang berfungsi untuk menghitung penyinaran matahari dan kecepatan angin di Taman Teliti BMKG Jalan DR Abdulrahman Basalamah Makassar. (Foto: Imran Arief / Kabar Makassar]

KabarMakassar.com --- Gempa Bumi tektonik dengan kekuatan 4,6 magnitudo terjadi di Laut Flores atau sebelah Selatan Provinsi Sulawesi Selatan, Sabtu 03 Februari 2018. 

Gempa berada di kedalaman 10 km dengan koordinat 6.11 LS dan 119.65 BT, tepatnya di laut pada jarak 61 km barat daya Kabupaten Jeneponto. 

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal. 

Gempa yang terjadi sekitar pukul 12.40 Wita ini, dirasakan di tiga Kabupaten di Sulawesi Selatan yakni, Jeneponto, Bulukumba dan Bantaeng. 

Staf Pusat Gempa Regional BMKG Wilayah IV Makassar mengatakan jika Gempa ini terbilang langka karena terjadi di wilayah yang selama ini jarang terjadi. 

BMKG masih melakukan pemantauan dan hingga Sabtu sore tidak terdeteksi gempa susulan.

"Gempa yang terjadi tadi pada pukul 12.40 Wita terjadi di laut Flores kekuatan 4 koma 6 Skala Richter dan mekanisme sumber penyebabnya Sesar Sesar lokal di sebelah selatan Sulawesi Selatan," kata Barkah Yuniar 

Hingga saat ini, lanjutnya belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. 

Meski terasa di tiga Kabupaten di Sulawesi Selatan, namun BMKG menyebutkan jika gempa tidak berpotensi Tsunami. (*)