Kabar JakartaNews With Data

Destinasi Alam Menarik di Kabupaten Barru

Kolaburasi Liputan6

  • Rubrik : Ekonomi & Bisnis
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 2 pekan, 4 hari lalu
Destinasi Alam Menarik di Kabupaten Barru
Wisata alam yang tepatnya terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. [Foto: Eka Hakim / Liputan6.com]

KabarMakassar.com --- Rutinitas pekerjaan yang dilakoni kebanyakan masyarakat perkotaan selama seminggu tentunya tak hanya membuat penat, tetapi dapat juga menimbulkan stres yang berlebihan.

Untuk mensiasati hal tersebut, biasanya sebagian kelompok masyarakat di perkotaan kerap menyusun rencana untuk berwisata di akhir pekan.

Tempat wisata yang dipilih pun tentunya tak hanya murah, tapi lebih kepada suasananya yang alami dan pastinya mujarab dalam mengobati stres akibat rutinitas pekerjaan yang berlebihan selama sepekan.

Nawir, warga Jalan Cenderawasih Makassar yang kesehariannya bekerja sebagai dosen di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Makassar mengatakan di Sulsel tepatnya di Kabupaten Barru ada sebuah tempat wisata yang dijamin mampu mengobati stres tingkat tinggi sekalipun. Nama tempat wisatanya, kata Nawir, dikenal masyarakat bernama Celebes Canyon.

"Tempatnya sangat indah dan alami. Selain dikelilingi sawah dan tebing-tebing karst, juga bisa berendam di sungainya. Yah mirip wisata Grand Canyon yang berada Di US gitu," kata Nawir, Sabtu, 3 Februari 2018.

Wisata alam yang tepatnya terletak di Dusun Watu, Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru itu, ungkap Nawir, dijamin akan memanjakan pengunjungnya dengan eksotika alam yang sangat menakjubkan.

"Sungai Ule yang memiliki air yang segar dan dingin itu sangat cocok dipakai berendam sembari mengamati dinding tebing karst putih yang mengitari sungainya. Stres bakal hilang," ujar Nawir.

Akhir pekan pengunjung sangat ramai. Tak hanya dari Kota Makassar, pengunjung dari luar pulau Sulawesi pun banyak. Mayoritas dari pengunjung diakui Nawir, memang tujuannya mengobati stres dan menghilangkan penat setelah menghabiskan waktu dalam tekanan pekerjaan yang menjadi rutinitas mereka selama sepekan.

"Saya pun demikian, hampir tiap akhir pekan bersama keluarga ke sana. Karena selain dekat dari Makassar, terapi air sungai ule yang buat kami bahagia dan tentunya stres hilang," ungkap Nawir.

Nawir memastikan jika sudah berkunjung ke wisata alam celebes canyon Barru tersebut, bakal akan terus merindu. Rindu karena suasana alamnya yang sangat eksotik dan membawa kedamaian.

"Tapi perlu hati-hati kalau musim hujan. Selain licin juga ancaman air bah. Yah sebaiknya ditunda saja dulu kunjungannya kesana kalau musim hujan," terang Nawir.

Bagi mereka yang ingin ke wisata celebes canyon Barru, kata Nawir, tak terlalu sulit. Dari Kota Makassar pengunjung langsung menuju ke arah kabupaten barru melewati Kabupaten Maros. Kemudian lanjut melewati Kabupaten Pangkep dan akhirnya tiba di Kota Kabupaten Barru.

Dari kota Kabupaten Barru, perjalanan kemudian dilanjutkan kembali menuju lokasi wisata celebes canyon yang berada di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja.

"Memasuki kawasan wisata celebes canyon itu, pengunjung mulai berjalan kaki lewati kawasan persawahan. Yah sekitar 20 menit berjalan menuju ke wisata alam celebes canyon Barru tersebut," Nawir menandaskan. (*)

Sumber : Liputan6.com