Kabar JakartaNews With Data

Jelang Kompetisi Prototype Newsroom, Ini Aktifitas Media Lokal di GEN 2018

JAKARTA EDITORS LAB 2018

  • Rubrik : Nasional
  • Penulis : Hendra N. Arthur
  • Terbit : Terbit 10/3/18
Jelang Kompetisi Prototype Newsroom, Ini Aktifitas Media Lokal di GEN 2018
Programmer Manager of Global Editors Network, Sarah Toporoff saat memberikan materi saat hari pertama workshop Jakarta Editors Lab di kampus UMN Tangerang, Jumat, (9/12). Foto : Dok. Kabar

KabarJakarta.com, JAKARTA --- Memasuki hari kedua Jakarta Editors Lab yang diselenggarakan Global Editors Network bersama Google News Lab di kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMM) Tangerang pada 9 - 11 Maret 2018.

Tampak beberapa perwakilan media lokal asal timur Indonesia seperti KabarMakassar.com dan Zona Utara Manado menyiapkan prototype masing-masing newsroom untuk berhadapan dengan tim newsroom dari sejumlah media nasional dalam kegiatan yang telah ketiga kalinya di selenggarakan di Indonesia.

Sejumlah perwakilan media nasional yang ikut dalam kompetisi ini diantaranya Tempo.co, kompas.com, Katadata, CNN Indonesia, Liputan6.com, The Jakarta Post, IDN Times, Beritagar, Jawa Pos, Suara.com. Sedangkan peserta daerah lain di luar Sulawesi ada Radar Bojonegoro dan Perwakilan dari Kampus UMN. 

Sejumlah media ini akan membuat prototype newsroom berdasarkan kebutuhan audiens mereka terkait Jurnalis dan Pemilu di tahun politik ini. 

Kegiatan dengan tema “Journalism and Elections: Towards Innovative Ways to Present Live Data” ini, Jakarta Editors Lab ingin menjawab tantangan bagi pers Indonesia tentang praktek jurnalisme yang profesional dan independen.

Hai pertama kegiatan ini penyelenggara menggelar workshop tentang jurnalisme multimedia dan pemilu di Indonesia. Penyelenggara lokal memberi bekal bagi peserta Jakarta Editors Lab untuk memahami bagaimana membuat prototype newsroom yang dibutuhkan publik di tahun politik ini. 

AJI dan UMN sebagai penyelenggara lokal mengundang beberapa pembicara seperti Kuek Ser Kuang Keng (pendiri Data N sekaligus Data Journalist), Antoine Laurent (International Media Strategist), Sarah Toporoff (Programmer Manager of Global Editors Network), dan Irene Jay Liu (Google News Lab Lead Asia Pacific Region).

Memulai hari pertama, Kuek Ser Kuang Keng membuka acara lewat sebuah workshop yang berjudul “Data Journalism Strategy For Newsrooms With Limited Resources”. 

Sekedar informasi, dari sejumlah media lokal yang ikut dalam kompetisi itu. KabarMakassar.com satu-satunya media di timur Indonesia yang intens mengikuti program yang berjalan sejak 2016 lalu. (*)