Kabar JakartaNews With Data

Ancaman Tsunami, Pemilik Kapal Diminta Waspada

  • Rubrik : Peristiwa
  • Penulis : Hendra N. Arthur
  • Terbit : Terbit 2/1/18
Ancaman Tsunami, Pemilik Kapal Diminta Waspada
Kolaborasi Kampus UI dan Unhas Rancang Kapal Nelayan Indonesia

KabarMakassar.com --- Asosiasi Pemilik Kapal (INSA) Makassar menghimbau pelaku pelayaran agar memperhatikan keselamatan kapal sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal ini seperti ditegaskan Ketua INSA Makassar, Zulkifli Syahril saat dikonfirmasi terkait ancaman tsunami di pulau jawa dan cuaca ekstrem di perairan Makassar dan sekitarnya, Sabtu 16 Desember 2017.

"Kami sudah minta agar owner kapal melengkapi peralatan keselamatan kapalnya sesuai ketentuan yg berlaku," ucapnya

Dia juga meminta agar pelaku palayaran memperhatikan dokumen ijin berlayar yang dikeluarkan Syahbandar. "Surat ijin berlayar Syahbandar harus diperiksa yang benar, " ujarnya

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan cuaca ekstrim di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya.

Peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Makassar pada 16 Desember 2017, jam 06.00 WITA*.

Memperkirakan potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai petir/kilat akan terjadi di wilayah Kab. Barru, Kab. Pangkajene, Kab. Maros, Kota Makassar, Kab. Gowa, Kab. Takalar, Kab.Luwu Timur Kab. Luwu Utara, dan dapat meluas ke wilayah Kab. Jeneponto.

Berdasarkan perungatan dini yang resmi dikeluarkan BMKG Makassar, kondisi ini diperkirakan berlangsung pagi jelang siang ini. (*/Nck)