Kabar JakartaNews With Data

Media Online Lokal Ini Kolaborasi Cek Fakta Bersama Google

Lawan Berita Hoax

  • Rubrik : Nasional
  • Penulis : Hendra N. Arthur
  • Terbit : Terbit 5/5/18
Media Online Lokal Ini Kolaborasi Cek Fakta Bersama Google
Ilustrasi

KabarJakarta.com --- Proyek kolaboratif pengecekan fakta berita dan komitmen untuk perangi hoaks. Sebanyak 19 media online di Indonesia bersama cekfakta dan google news melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU tersebut bersamaan dengan kegiatan Trusted Media Summit 2018 yang akan digelar di Gran Melia Hotel, Jakarta, pada 5-6 Mei 2018. Satu-satunya media online dari timur Indonesia, KabarMakassar.com masuk dari 19 media online Indonesia.

Pemimpin Redaksi KabarMakassar.com Upi Asmaradhana yang ikut meneken kontrak kerjasama tersebut. Sementara media online lain yang terdaftar dalam jaringan cekfakta bersama google ini juga tercatat KabarMedan.com mewakili Indonesia bagian barat. 

Berikut 19 media yang berkolaborasi dengan CekFakta.com diantaranya ;

1. Tempo.co,

2. Tirto.id,

3. Viva.co.id,

4. BeritaSatu.com,

5. Katadata.co.id,

6. AntaraNews.com,

7. Suara.com,

8. Detik.com,

9. Kompas.com,

10. Bisnis.com,

11. Liputan6.com,

12. Merdeka.com,

13. TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id),

14. Kabarmedan.com,

15. Kabar Makassar (KabarMakassar.com),

16. BeritaJatim.com,

17. RiauOnline.co.id,

18. TheJakartaPost.com

19. Dream.co.id.

Sementara itu dalam penyelenggaraan kegiatan Trusted Media Summit 2018, berkolaborasi antara Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo), Internews dan Google News Initiative.

MoU dalam yang diteken tersebut di kegiatan Trusted Media Summit 2018 nantinya, 300 jurnalis se-Indonesia mengikuti diskusi dan pelatihan jurnalistik sebagai komitmen bersama untuk menghadirkan informasi yang tepat dan terpercaya kepada masyarakat.

Head of Communications, Google Indonesia, Jason Tedjasukmana mengatakan jika perlunya informasi yang tepat dan juga berdasarkan fakta, dimana saat ini Indonesia berada dalam tahun politik. Indonesia sendiri tahun 2018 ini hingga tahun 2019 akan menghadapi pemilihan kepala daerah serentak (Pilkada Serentak), dimana pemilihan umum akan dilakukan bersamaan dengan pemilihan presiden (Pilpres).

"Saat ini, adalah saat penting bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama organisasi-organisasi media Indonesia untuk memastikan seluruh bangsa dapat mengakses sumber-sumber berita yang terpercaya sehingga publik bisa menentukan pilihan dengan tepat," jelas Jason Tedjasukmana.

Ajang Trusted Media Summit 2018 kata Jason, mengajak para peserta untuk mengikuti diskusi terkait tahun politik dan bagaimana organisasi media maupun publik dapat bekerjasama untuk menghadirkan informasi terpercaya.

Dalam kesempatan ini juga, Mafindo bersama 19 media publikasi di Indonesia, akan meluncurkan CekFakta.com sebagai proyek kolaboratif pengecekan fakta dan bentuk komitmen untuk menghadirkan informasi yang tepat dan berdasarkan fakta.

Selain itu, Trusted Media Summit 2018 juga menghadirkan pelatihan untuk jurnalis tentang cara menangkal hoaks dan melakukan verifikasi menggunakan peralatan-peralatan yang tersedia di Internet. 

Pelatihan ini jelas Jason, merupakan bagian dari rangkaian Google News Initiative Training Network yang dilakukan oleh AJI bersama Internews dan Google dan berlangsung selama dua hari untuk jurnalis dan sukarelawan Mafindo.(*)