Kabar JakartaNews With Data

Dibalik Harbolnas, Ini Kisah Pelaku Online Shop Makassar

Belanja Online

  • Rubrik : Internasional
  • Penulis : Muhammad Fajar Nur
  • Terbit : Terbit 12/12/17
Dibalik Harbolnas, Ini Kisah Pelaku Online Shop Makassar
Ilustrasi

KabarMakassar.com --- Kehadiran Online Shop menjadi gaya hidup bagi kalangan milenial di Makassar. Berikut kisah unik pelaku bisnis online di Kota Makassar yang coba kami rangkum dalam rangka Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh tepat 12 Desember 2017 hari ini.

Dewi Paramita, selaku owner Neska yang bertempat di BTP Blok G 52 Lama ini mengatakan keuntungan terlibat dalam bisnis online adalah target pasarnya yang luas, mudah dan fleksibel.

"Peluangnya masyaallah semakin hari peminat semakin banyak, dulu cuma wilayah makassar namun sekarang sudah mengirim ke daerah timur, pulau jawa, kalimantan dan sumatera," Ungkap pemilik akun Instagram @neska.id ini.

Namun terkait sisi lainnya, tantangan yang biasa diperoleh pelaku bisnis online adalah terdapatnya pembeli yang berbohong soal transfer yang dilakukan.

"biasanya ada yang bilang sudah transfer ternyata belum, kadang juga kalau expedisi telat biasanya mereka juga marah-marahin kami walau sebenarnya bukan kesalahan kami, bahkan ada juga yang hilang tiba-tiba padahal sudah pesan," keluhnya.

Sementara itu, alasan lain untuk terlibat bisnis online juga dikemukakan oleh Fahira Ulfa Mursalin, selaku reseller Neska yang tahun ini telah memperoleh gelar sarjananya dari Universitas Hasanuddin.

"Awalnya terlibat bisnis online karena kepuasan terhadap produk bisnis online, dulu risih sendiri liat mukaku jerawatan, alhamdulillah dapat produk bagus dan cocok jadinya berfikir untuk jual produk juga biar bisa bantu orang yang punya masalah yang sama sekaligus untuk ada pemasukan sendiri," tambah fahira selaku pemilik @Neska.fum

Beberapa kisah unik juga disampaikan oleh Fadhilah Panandrang, selaku owner @diabeaproject yang dirintis bersama kembarannya, Nabilah Panandran yang telah memulai bisnisnya pada tahun 2016.

"Pernah ada yang sudah transfer pembelian jilbab satu bulan sebelumnya karena takut kehabisan, ada juga yang transfer walaupun hujan deras sampai foto bukti transfernya dalam keadaan basah" ungkap dila saat diwawancarai via WhatsApp oleh redaksi.

Kota Makassar terbilang kota yang mempunyai potensi pasar online sangat bagus, dikonfirmasi oleh diabeaproject dan neska selaku online shop kota makassar yang mengatakan konsumen di Kota Makassar dapat membuat mereka kewalahan dalam memenuhi pesanan.

Untuk menyambut Harbolnas, Neska merayakan dengan memberikan promo diskon 10 persen untuk semua produk dan berlaku diseluruh Indonesia sedangkan DeabeaProject menyambut Harbolnaas dengan ongkir gratis khusus wilayah Makassar setiap pembelian jilbab dan baju.(*)