Kabar JakartaNews With Data

Politisi Milenial Mulai Manifestasi Empati Korban Bencana

Bencana Sulawesi Tengah

  • Rubrik : Nasional
  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 2 pekan, 1 hari lalu
Politisi Milenial Mulai Manifestasi Empati Korban Bencana
Politisi Milenial Makassar, Aan Anugerah Pratama. (Ist)

KabarJakarta.com -- Bencana geologi yang meluluhlantakkan Kota Palu, Donggala dan Sigi memicu gelombang pengungsi ke sejumlah daerah termasuk ke Makassar.

Khusus di Makassar sendiri, kuantitas pengungsi dari Palu sudah menyentuh sekitar 2.000 jiwa yang berdatangan melalui jalur udara, laut termasuk evakuasi melalui moda darat.

Pengungsi itu kemudian tersebar pada beberapa titik di Makassar maupun daerah penyangga, di mana fasilitas disediakan oleh otoritas terkait maupun warga Makassar yang berempati.

Demikian halnya dengan gelombang bantuan yang terus mengalir bagi para korban bencana geologi tersebut yang mengungsi di Makassar. 

Salah satunya berasal dari Anugerah Pratama Syaifuddin, seorang politisi milenial Makassar, yang akan menyalurkan bantuan bagi pengungsi yang terakomodasi pada dua titik di Makassar.

Adapun titik pengungsi itu di ‭TK/SD Akar Panrita di Jl. Kirab Remaja No.26 Antang serta kediaman Pak Basri di  RT 5 RW 4 Manggala Makassar yang ikut memfasilitasi pengungsi, di mana secara kumulatif mencapai sekitar 200 pengungsi.

"Ini bentuk kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang terdampak gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya. Bentuk empati kemanusiaan, dan setidaknya bantuan ini bisa meringankan beban mereka, baik fisik maupun psikologisnya," ujar Anugerah yang kerap di sapa Aan, Kamis, 4 Oktober 2018.

Menurut Aan yang saat ini tercatat sebagai Calon Legislatif DPRD Kota Makassar dari Partai Nasdem, penyaluran bantuan yang dilakukannya menjadi manifestasi dari komitmen memberikan manfaat dan menularkan empati kemanusiaan terhadap khalayak.

Apalagi, lanjut Wakil Bendahara DPW Garda Pemuda NasDem SulSel ini, kegiatan kemanusiaan telah rutin dilakukan sebelumnya melalui paguyuban Ipho Community, sebuah komunitas milenial yang dipimpin olehnya.

Sekedar informasi, Pengurus BPC HIMPI Makassar yang bakal mengikuti kontenstasi legislatif Makassar dengan nomor urut 5 dari Nasdem dengan daerah pemilihan (Dapil VI) mencakup Manggala dan Panakukang, juga berkomitmen memberikan pendampingan bagi pengungsi Palu agar tidak terbenam trauma pasca bencana.

Dia menguraikan, serangkaian hal tersebut menjadi bentuk manifestasi simpati kemanusiaan terlepas dari posisinya saat ini sebagai calon legislatif DPRD Kota Makassar, mengingat seluruh pengungsi yang di sambangi bukan bagian dari konstituen di Dapil VI.

Adapun paket bantuan yang diserahkan berupa keperluan pribadi, seperti pakaian, pakaian dalam, peralatan mandi, sendal, beberapa kasur dan bantal. (*)