Tidak Ada Potensi Tsunami Terjang Jakarta

Tidak Ada Potensi Tsunami Terjang Jakarta
Ilustrasi Tsunami Menerjang Kota (Int)

KabarJakarta.Com --- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengklaim gempa di selat sunda tidak akan berdampak Tsunami ke Jakarta. BMKG menyatakan sumber gempa tersebut jaraknya mencapai ratusan kilometer dari Jakarta. BMKG mengimbau masyarakat Jakarta tidak perlu khawatir jika timbul informasi tentang Tsunami berpotensi terjang Jakarta. 

"Berkaitan dengan amankah Jakarta, tentunya kami sudah membuat modelling karena para pakar, di megathrust, Selat Sunda katanya ada kekuatan 8,7, di Selat Sunda. Tapi sumber gempa yang berdampak di Jakarta itu agak jauh, di selatan Sukabumi, kurang-lebih jaraknya 200 kilometer, lalu Selat Sunda," kata Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Hall Putri Duyung Ancol, Jakarta Utara, Kamis (28/2/2019) dikutip dari mitra KGI - Detik.Com.

Data yang dihimpun KabarJakarta mencatat, jarak selat sunda dan Jakarta mencapai 200-250 KM. Namun menurut Rahmat, potensi gelombang tsunami  bisa terjadi apabila gempa di Selat Sunda lebih dari magnitudo 8,7 SR dengan ketinggian sekitar puluhan centimeter. 

"Kami sudah coba memodelkan. Tentunya yang berdampak serius adalah Selat Sunda. Kalau di utara Jakarta, ya mungkin hanya riak-riak ya. Kita sudah modelkan, tidak begitu signifikan," terang Rahmat. (*)

 

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi