Ini Kata Ketum APJK3 dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0

Industri 4.0

Ini Kata Ketum APJK3 dalam Menghadapi Tantangan Industri 4.0
Ketum APJK3/ist

KabarJakarta.com--Kuliah umum mengahadapi tantangan industri 4.0 berlangsung di Gedung Magister Teknik Pasca Sarjana universitas Pancasila Jakarta Pada hari sabtu tanggal (27/4).

Kuliah umum disampaikan oleh Ketua umum Asosiasi Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja Riksa (APJK3) Nasional Isradi zainal yg juga  menjabat wakil ketua umum BKM Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Dalam pemaparannya Isradi zainal menyatakan bahwa Era Industri 4.0 ditandai dengan Internet of thing, robotic automation, Printer 3D, dan Data of think.

Dalam kesempatan yang sama juga dijelaskan tentang revolusi industri 1.0 yang diawali dgn penemuan mesin uap oleh James watt, Industri 2.0 yang dibuktikan dengan produksi massal, penemuan mesin pembakaran dalam, minyak, dll, Revolusi Industri 3.0 yang dikuti dengan prnemuan komputer dan internet.

kegiatan kuliah umum dibuka oleh Direktur Pasca Sarjana Magister Teknik Mesin, Budi M.Suyitno, Kaprodi S2 Mesin Dr.Ir Ismail, Ketua Ikatan Alumni Maguster Teknik Mesin dan sejumlah Dosen. 

Isradi zainal yang juga menjabat Ketua Komisi II DK3N menjelaskan setidaknya ada sejumlah langkah yang harus dilakukan dalam menghadapi era industri 4.0 diantaranya : Dengan mengisi kemampuan anak didik dan calon pekerja dengan Internet of thing dan yang terkait dengan industri 4.0, menjalin kerjasama antara perguruan tinggi, Indutri dan Pemerintah dalam menghasilkan pengetauan dan keterampilan industri 4.0,meminta mahasiswa agar mendalami dunia digital dan start up agar mampu bersaing di era industri 4.0

Penulis : Agi Aksara

Editor : Redaksi