PUPR Siapkan Engineering Desain Dan Infrastruktur Dasar Buat Pemindahan Ibu kota

Rencana Pemindahan Ibu kota

PUPR Siapkan Engineering Desain Dan Infrastruktur Dasar Buat Pemindahan Ibu kota
KemenPUPR/ilustrasi

KabarJakarta.com--Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) akan menyusun Detail Engineering Design (DED) terkait rencana pemindahan ibukota yang saat ini sedang dipersiapkan oleh pemerintah.

Selain bertugas menyiapkan infrastruktur dasar, PUPR juga ditugaskan untuk menyiapkan konsep penataan kota, berikut dengan disain pembangunan serta analisis dampak lingkungan yang diperlakukan, sesuai dengan kaidah Cipta Karya.

"Saya di PUPR diminta untuk membuat konsep disain. Kalau mau dipindahin kota nya mau kayak apa? Itu dengan kriteria-kriteria. Nah kami dengan acuan dari Bappenas, kemudian penataan ruangnya. Kami membuat dimensi untuk tata ruangnya," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono di kantornya, Jakarta, Jumat (10/5).

Fokus Kementerian PUPR terkait calon lokasi Ibukota baru, kata Basuki adalah penyediaan infrastruktur dasar seperti kebutuhan jalan, air bersih, sanitasi, hingga kebutuhan pemukiman di tempat calon Ibukota baru. "Untuk sementara biaya kajian masih menggunakan anggaran reguler Ditjen Cipta Karya," tuturnya.

Untuk selanjutnya, kata Basuki, jika nantinya Presiden sudah menentukan lokasi pasti calon ibukota baru, baru kemudian DED disiapkan oleh Kementerian PUPR . Di sisi lain, pembangunan infrastruktur dasar juga akan mulai dibangun.

"Saya rasa tidak butuh waktu lama untuk persiapkan infrastruktur dasar, saya kira hanya sekitar satu tahun saja," tuturnya.

 

Penulis : Agi Aksara

Editor : Redaksi