Dilaporkan Kasus Hoax dan Makar, Polisi Cegah Kivlan Zen Ke Luar Negeri

Laporan kasus hoax dan makar

 Dilaporkan Kasus Hoax dan Makar, Polisi Cegah Kivlan Zen Ke Luar Negeri
Pemebrian surat panggilan saksi/ist

KabarJakarta.com--Polisi mencekal mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Mayor Jenderal (Purn) TNI Kivlan Zen untuk berpergian ke luar negeri. 

Langkah itu dilakukan terkait dengan kasus hukum yang membelit terakit dengan laporan tindak pidana penyebaran berita bohong (hoax) dan dugaan makar.

"Betul penyerahan surat panggilan , dicegah ke luar negeri. beliau mau ke Brunei lewat Batam, sudah melalui imigrasi, sudah disampaikan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu (11/5).

Argo menambahkan info yang di dapat, Kivlan hendak terbang ke Batam menggunakan GA 158, on boarding pukul 18:40 WIB, sehingga petugas hanya memberikan surat pemangilan sebagai saksi dan membiarkan Kivlan meneruskan perjalananya.

Rencananya, purnawirawan Jenderal itu akan diperiksa pada hari senin depan (13/5). Laporan atas Kivlan terdaftar dengan nomor LP/B/0442/V/2019/Bareskrim. 

Perkara yang dilaporkan adalah tindak pidana penyebaran berita bohong (hoax) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 14 dan/atau Pasal 15 terhadap keamanan negara/makar UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang KUHP Pasal 107 juncto Pasal 87 dan/atau Pasal 163 bis juncto Pasal 107.

Penulis : Agi Aksara

Editor : Redaksi