Aljazair jadi Raja Afrika 2019

Aljazair Juara Piala Afrika

Aljazair jadi Raja Afrika 2019
Aljazair Rajai Afrika di 2019. (Twitter)

KabarJakarta.com—Tim nasional Aljazair berhasil menjadi jawara Piala Afrika 2019 setelah mengalahkan timnas Senegal dengan skor tipis 1-0 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Sabtu (20/7) dini hari WIB.

 

Dilansir dari Reuters, kemenangan Aljazair diraih berkat kemampuan mereka mempertahankan keunggulan yang diperoleh sejak menit ke-2 lewat gol cepat penyerang Baghdad Bounedjah.

 

Hasil itu membuat Aljazair sukses menambah trofi Piala Afrika 2019 sebagai perolehan terbaik kedua mereka di kompetisi paling bergengsi Benua Hitam itu setelah juga menjuarai edisi 1990 di tanah sendiri.

 

Sebaliknya bagi Senegal, mereka harus puas jadi runner-up lagi untuk kedua kalinya setelah 2002 dan menanti setidaknya 2 tahun lagi untuk meraih trofi Piala Afrika pertama mereka.

 

Pelatih Aljazair Djamel Belmadi mengakui bahwa pertandingan melawan Senegal adalah laga sulit. “Ini pertandingan yang sulit. Saya sangat senang, untuk negara, untuk rakyat yang menunggu begitu lama. Ini kemenangan pertama di luar negara kami, ini luar biasa,” ujarnya.

 

Djamel mengakhiri masa turbulensi di Timnas Aljazair, yang mempekerjakan tujuh pelatih hanya dalam 3 tahun. Bagaimanapun, kemenangan ini memastikan dominasi Aljazair atas Senegal di turnamen kali ini.

 

Ini merupakan kemenangan kedua Aljazair atas Senegal di turnamen ini, yang pertama di fase grup juga dengan skor 1-0 dengan gol kemenangan dicetak Mohamed Youcef Belaili pada menit ke-49.

 

Sementara itu, Aliou Cisse menyesalkan anak asuhnya kebobolan terlalu cepat. "Kami pantas menyamakan kedudukan. Malam ini, saya ingin memberi selamat kepada para pemain saya. Kami sudah di sini selama 46 hari. Kami menginginkan juara, tapi ini bukan malam kami,” kata Cisse.

Penulis : Redaksi

Editor : Redaksi