Ditinggal Beberapa Bintangnya, Atletico Andalkan Amunisi Baru

Atletico Madrid

Ditinggal Beberapa Bintangnya, Atletico Andalkan Amunisi Baru
Suasana latihan Atletico jelang laga melawan Getafe. (Dok. Atletico Madrid)

KabarJakarta.com—Atletico Madrid tampil luar biasa di pertandingan pra musim. Bersama bintang muda Joao Felix, Atletico terlihat tampak lebih segar dan siap mengarungi La Liga musim 2019-20.

Atletico memang baru saja ditinggalkan banyak pemain bintangnya seperti bek veteran Diego Godin, Filipe Luis, dan Juanfran serta mega transfer Antoine Griezmann ke Barcelona. Sebelumnya Atletico juga melepas Lucas Hernandez dan Rodri.

Meski demikian, dari hasil penjualan pemain tersebut, Atletico menuai banyak uang yang memungkinkan mereka berinvestasi lebih dari 300 juta Euro atau setara dengan Rp4,7 triliun untuk mendatangkan beberapa pemain baru yang lebih dinamis. Dan itu tampaknya akan mengubah taktik defensif Diego Simeone menjadi ofensif.

“Pelatih membuat kami bermain dalam formasi 4-3-3. Ia ingin kami lebih menyerang, menguasai penguasaan bola, dan mencoba lebih progresif,” kata gelandang Atletico, Koke, dikutip dari Reuters.

Pernyataan Koke tersebut mengisyarakatkan perubahan strategi dari sebuah tim dengan rekor pertahanan terbaik di La Liga selama empat musim terakhir. Seperti diketahui, Atletico adalah tim yang identik dengan pertahanan kokoh.

Strategi baru yang diusung Simeone memberi sinyal positif di pramusim. Mereka tercatat memenangi lima dari enam laga pramusim yang mereka lakoni, termasuk melumat Real Madrid 7-3 dan mengalahkan Juventus dengan skor 2-1.

Dari dua kemenangan itu, Joao Felix selalu mencetak gol. Ketika melawan Madrid dia mencetak satu gol dan ketika menghadapi Juventus, pemain seharga 126 juta Euro itu, memborong dua gol bagi kemenangan Atletico.

Mendatangkan Joao dengan harga Rp2 triliun jelas termasuk dalam transfer yang mengejutkan untuk seorang pemain yang belum genap satu musim berada di kompetisi profesional. Namun, penampilan pramusim bisa membenarkan nominal yang dikeluarkan Atletico.

Performa menjanjikan yang diberikan Joao jelas menjadi indikasi apa yang akan terjadi di masa mendatang. Transfer pemain yang kini membela tim nasional Portugal itu bisa disebut sebagai sebuah penandatanganan yang cerdas.

Joao yang kini berusia 19 tahun tampaknya memiliki semua kualitas sebagai penyerang tengah dan seorang playmaker yang dipadu menjadi satu. Dia sangat cocok dipasangkan dengan Diego Costa dan berhasil memberi dua assist ketika menghancurkan Real Madrid.

“Dia [Joao Felix] punya kapasitas dan dia mampu beradaptasi dengan cepat. Hal terbaik darinya adalah, dia mempunyai keinginan untuk belajar,” ujar Simeone.

Joao Felix adalah satu dari sekian pemain baru Atletico. Ada juga nama Renan Lodi, Mario Hermoso, Kevin Trippier, Felipe, Hector Herrera, dan Marcos Llorente.

Penulis : Abdul Karim

Editor : Redaksi