Teknologi Smart City Dapat Ciptakan Ibu Kota yang Bersahaja

Smart City

Teknologi Smart City Dapat Ciptakan Ibu Kota yang Bersahaja
Presiden Direktur Honeywell Indonesia, Roy Kosasih. (Dok. Abdul Karim)

KabarJakarta.com--Presiden Direktur Honeywell Indonesia, Roy Kosasih menyatakan, teknologi Smart City dapat menciptakan Ibu Kota baru yang bersahaja dan berkelanjutan. Terutama, kata dia, bagi lingkungan dan masyarakat.

Oleh karena itu, Honeywell membantu beberapa kota pintar bertumbuh pesat dengan teknologi Internet of Things (IoT). Upaya ini untuk mengatasi berbagai tantangan seperti peningkatan keamanan, manajemen lalu lintas, dan pemantauan kerumunan, hingga keselamatan pejalan kaki. 

“Kita akan membantu Bappenas dalam menyiapkan pembangunan Ibu Kota baru dengan landasan teknologi yang tepat. Dengan begitu, akan tercipta ekosistem yang produktif. Bukan tidak mungkin Ibu Kota baru Indonesia nantinya akan dicontoh negara lain,” ujarnya, Kamis, (22/8).

Menurutnya, membludaknya populasi di kota besar pasti berdampak terhadap ekonomi, lingkungan, dan energi. Hal ini membutuhkan teknologi penghubung yang lebih cerdas, agar kualitas hidup warga bisa ditingkatkan.

“Kota pintar dibangun di atas fondasi teknologi terhubung dan IoT. Teknologi perangkat lunak canggih seperti analitik dan manajemen video, sistem identifikasi plat nomor, pelacakan, dan pemantauan aset dengan GPS,” katanya.

Teknologi tersebut membantu memecahkan masalah perkotaan sehari-hari seperti parkir liar, manajemen lalu lintas, pemantauan kerumunan, keselamatan pejalan kaki, dan pencegahan kejahatan.

“Semua bertujuan untuk meningkatkan standar hidup masyarakat,” ujarnya.

Penulis : Abdul Karim

Editor : Redaksi