Jokowi Tak akan Terbitkan Perppu UU KPK

Perppu KPK

 Jokowi Tak akan Terbitkan Perppu UU KPK
Presiden Joko Widodo/ist

KabarJakarta.com--Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak akan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. 

Jokowi tak akan membatalkan UU tersebut melalui Perppu untuk menghormati uji materi UU KPK yang sedang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kita melihat bahwa sekarang ini masih ada proses uji materi di MK. Kita harus menghargai proses-proses seperti itu," ujar Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11).

Menurut Jokowi, tak elok jika dirinya mengeluarkan sebuah peraturan disaat proses uji materi di MK masih berlangsung. Jokowi mengklaim hal tersebut  bagian dari sopan santun.

"Jangan ada, orang yang masih berproses, uji materi kemudian langsung ditimpa dengan sebuah keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam bertata negara," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Seperti diketahui, UU KPK hasil revisi sudah masuk lembaran negara Nomor 197 dan diundangkan 17 Oktober lalu. UU KPK hasil revisi diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. 

Sebagian kalangan menilai UU KPK ini bakal melemahkan KPK dan pemberantasan korupsi. Bahkan di sejumlah wilayah Indonesia menolak revisi UU KPK itu.

Sempat santer desakan agar Jokowi menerbitkan Perppu untuk batalkan UU KPK.

Jokowi sendiri sebelumnya mengaku akan mempertimbangkan penerbitan Perppu KPK.

Itu dikemukakan Jokowi usai bertemu puluhan tokoh masyarakat di Istana Merdeka, Jakarta, akhir September 2019. Jokowi bahkan bakal memutuskan dalam waktu secepatnya terkait hal itu.

Penulis : R. Tranggana

Editor : Redaksi