Kabar JakartaNews With Data

Sekda: Tak Ada Kerusakan Pasca Gempa Jeneponto

Kejadian Sulsel

  • Penulis : Redaksi
  • Terbit : 04.02.2018 - 15:49
  • Sekitar : 2 pekan, 4 hari lalu
Sekda: Tak Ada Kerusakan Pasca Gempa Jeneponto
[Foto: Ilustrasi]

KabarMakassar.com --- Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Daerah Jeneponto Syafruddin Nurdin menegaskan tak ada kerusakan dan korban jiwa saat gempa terjadi pada Sabtu,3 Februari 2018 kemarin .

"Alhamdulillah tidak ada laporan adanya kerusakan dan korban dari gempa tersebut," ungkap Dr. Capa panggilan akrab Plt Setda ini saat dikonfirmasi awak media KabarMakassar.com di Jeneponto, Minggu 4 Februari 2018.

Dalam kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Jeneponto imbau warga agar tidak panik dan senantiasa melakukan pemantauan sebagai upaya antisipasi bila terjadi gempa susulan.

Kekuatan Gempa yang terjadi kemarin itu, berdasarkan laporan disampaikan oleh BMKG Pada pukul 12.40 terjadi gempa berkekuatan 4,6 SR yg  berpusat di Laut Flores pada jarak 61 km Barat Daya Kabupaten Jeneponto dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini, lanjutnya termasuk kategori  kecil dan tidak berpotensi tsunami. Meski, kata dia hal ini dirasakan oleh beberapa orang disekitar tempat kejadian, berupa getaran pada lantai yang berlangsung sangat singkat kurang dari 5 detik. 

Dari pantauan BMKG wilayah IV Makassar, gempa tektonik itu terjadi di laut sebelah tenggara wilayah Kabupaten Jeneponto dan wulayah Kabupaten Bantaeng.

Kepala BMKG wilayah IV Makassar A. Fachri Radjab mengatakan, berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pada pukul 12 : 44 Wita hari ini.

Gempa dengan kekuatan M=4,6 Skala Richter berada di posisi episenter pada koordinat 6.11 LS dan 119.65 BT atau berlokasi di Laut Flores pada jarak 61 km Barat Daya Kabupaten Jeneponto, tepatnya pada kedalaman 10 km.

"Dari hasil observasi kami, ini hanya gempa bumi tektonik yang tidak berpotensi Tsunami. Karena ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, Fachri Radjab kepada awak media hari ini. 

Selanjutnya , kata dia, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di wilayah Jeneponto dan Bantaeng sebesar II SIG-BMKG (II-III MMI).

Penulis Nurul Gaffar