Disnakertrans DKI Imbau Perusahaan di Ibu Kota Budayakan K3

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta, Hari Nugroho. (Foto: Istimewa)

KabarJakarta.com – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta menekankan pentingnya perusahaan memprioritaskan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi kecelakaan kerja.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta, Hari Nugroho, perusahaan harus memiliki target ‘zero accident’ atau nihil kecelakaan kerja.

Dia menegaskan bahwa K3 tidak boleh hanya menjadi prosedur standar operasional (SOP) semata, tetapi harus menjadi budaya kerja agar para pekerja dapat bekerja dengan aman tanpa risiko kecelakaan.

“Perlunya konsistensi dalam pelaksanaan K3 agar insiden kecelakaan kerja dapat diminimalkan dan harapannya dapat mencapai nol kecelakaan,” kata Hari di Jakarta, Minggu, 3 Maret 2024.

Dia menambahkan bahwa menjaga kesehatan pekerja penting karena dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan.

Untuk mengakhiri Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Disnakertransgi DKI Jakarta mengadakan ‘Safety Run’ di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat.

Hari menjelaskan, acara ‘Safety Run’ ini merupakan acara puncak rangkaian kegiatan Bulan K3 DKI Jakarta yang dimulai dengan apel akbar di GOR Soemantri Brodjonegoro pada 31 Januari lalu.

Acara tersebut melibatkan lebih dari 500 peserta dari perusahaan-perusahaan di Jakarta, termasuk berbagai kegiatan olahraga seperti futsal, tenis, dan voli.

“Dengan menggelar acara seperti ‘Safety Run’ dan mengadakan berbagai kegiatan dalam rangkaian Bulan K3, kami berupaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 dan mendorong perusahaan-perusahaan untuk membudayakan praktik keselamatan dan kesehatan kerja,” pungkasnya. (*)