Bisnis  

BRI Sabet 200 Penghargaan Sepanjang 2023

BRI, Bank Rakyat Indonesia
Ilustrasi Bank BRI (Foto:Suara)

KabarJakarta.com – PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk (BRI) terus mengukir prestasi gemilang dengan meraih lebih dari 200 penghargaan sepanjang tahun 2023, di mana 53 di antaranya merupakan penghargaan bertaraf internasional. Keberhasilan BRI ini mencerminkan kinerja yang konsisten mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, baik nasional maupun internasional.

Menurut Direktur Utama BRI, Sunarso, prestasi cemerlang BRI Group bukan hanya hasil dari keberanian mereka untuk dinilai dan di-assess oleh lembaga independen yang kredibel, tetapi juga dedikasi Insan BRILiaN. Lebih lanjut, Sunarso menambahkan bahwa penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh nasabah UMKM BRI yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Pencapaian gemilang BRI mencakup penghargaan dari lembaga-lembaga bergengsi, antara lain:

  1. Forbes Global 2000 menempatkan BRI sebagai World Largest Company In Indonesia, peringkat 1 di Indonesia dan peringkat 307 di dunia.
  2. Euromoney menobatkan BRI sebagai Market Leader in Indonesia dan Best Service di Asia Pacific.
  3. Asia Money mengakui BRI sebagai Best Domestic Bank in Indonesia, Best Domestic Private Bank in Indonesia, dan Market Leader Trade Finance Asian Banks in Indonesia.
  4. Finance Asia memberikan 9 penghargaan, termasuk Best Financial Company Gold, Best Corporate ESG Strategy Gold, Best Overall Company Gold, dan Best CEO untuk Direktur Utama BRI.
  5. The Asset Triple A menempatkan BRI sebagai Best Issuer for Sustainable Finance, Best Sustainability-Linked Loan, dan Best Private Bank for High Net Worth Individual in Indonesia.
  6. Global Finance menilai BRI sebagai Best Bank in Indonesia.
  7. Brand Finance memberikan predikat The Most Valuable Brand in Indonesia, peringkat 1 di Indonesia.

Keberhasilan BRI dalam meraih berbagai penghargaan tersebut sejalan dengan kemampuannya menjaga kinerja positif secara berkelanjutan. Hingga Kuartal III 2023, aset BRI secara konsolidasian meningkat 9.93% year on year menjadi Rp1.85197 triliun, dengan pertumbuhan laba sebesar Rp44.21 triliun atau tumbuh 12.47% year on year.

Sunarso menekankan bahwa faktor penopang kinerja positif BRI melibatkan penyaluran kredit yang tumbuh double digit, penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) dan dana murah yang juga tumbuh double digit, kualitas kredit yang terjaga, serta peningkatan proporsi fee-based income terhadap keseluruhan pendapatan BRI.

Pencapaian BRI ini bukan hanya sebatas prestasi korporat, melainkan juga menggambarkan komitmen nyata untuk terus memberikan yang terbaik bagi nasabah dan kontribusi yang berkelanjutan bagi perekonomian Indonesia. Perjalanan gemilang BRI terus berlanjut, membawa harapan dan inspirasi dalam menghadapi dinamika ekonomi global.